Nasib Pemilu Malaysia Semakin Gantung, Raja Malaysia Minta Publik Menerima Apapun Keputusannya Nanti

- Selasa, 22 November 2022 | 15:30 WIB
Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah (theedgemarkets.com)
Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah (theedgemarkets.com)

HALUANRIAU.CO, MALAYSIA - Keberlanjutan terkait koalisi parlemen untuk membentuk pemerintahan yang baru Malaysia semakin tidak berujung.

Beberapa waktu yang lalu, koalisi yang diperkirakan akan terbentuk yakni antara Pakatan Harapan (PH) dan Barisan Nasional (BN) urung terjadi.

Wakil Presiden UMNO, Ismail Sabri Yaakob sebelumnya telah memutuskan bahwa Barisan Nasional tidak akan bergabung dengan poros manapun dan akan tetap beroposisi di parlemen Malaysia. Hal tersebut diperoleh setelah Majelis Tinggi BN melakukan pertemuan.

Hingga batas waktu yang telah ditentukan, Selasa (22/11/222) pukul 14.00 waktu setempat, tidak ada satupun gabungan koalisi ataupun yang memenuhi syarat membentuk Pemerintahan dan menyerahkan nama calon Perdana Menterinya ke kerajaan.

Diketahui bahwa pada Pasal 40 ayat 2(a) dan Pasal 43 ayat 2(a) pada Konstitusi Federal Malaysia mengatur soal wewenang Raja Malaysia untuk menunjuk Perdana Menteri yang diyakini memiliki dukungan mayoritas dalam parlemen atau Dewan Rakyat.

Atas dasar tersebut, Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah menyatakan bahwa dirinya akan mengambil sebuah keputusan penting.

Baca Juga: Koalisi Anwar-Zahid Gagal, BN Tetap Oposisi di Parlemen Malaysia

Hal tersebut diutarakannya pada, Selasa (22/11) siang, sekitar pukul 14.20 waktu setempat dimana ia meminta kepada rakyat Malaysia untuk tetap bersabar dan tenang menunggu keputusan dari dirinya.

"Tolong rasional, kita harus move on. Kita harus bergerak maju demi negara tercinta kita," ucap Sultan Abdullah dalam pernyataannya.

"Biarkan saya mengambil keputusan sesegera mungkin," ujarnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: detik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rapimda Demokrat Riau Siapkan Kemenangan AHY di 2024

Minggu, 20 November 2022 | 21:30 WIB
X