KPU Pekanbaru Sudah Terima SK, Jumlah Kursi DPRD Pekanbaru Jadi 50

- Rabu, 16 November 2022 | 01:40 WIB
Gedung DPRD Kota Pekanbaru (MCP)
Gedung DPRD Kota Pekanbaru (MCP)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Jumlah kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru sudah dipastikan bertambah dalam kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Hal itu sudah dipastikan oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru setelah menerima Surat Keputusan (SK) terkait penambahan kursi tersebut.

"KPU sudah menetapkan jumlah kursi kuota DPRD Kota Pekanbaru sebanyak 50 kursi, sudah diterima SK nya beberapa hari lalu," tegas Ketua KPU Kota Pekanbaru, Anton Merchianto, Selasa (15/11).

Penambahan itu mengingat jumlah pemilih di Kota Pekanbaru sudah mencapai angka 1 juta, angka itu diperoleh berdasar data konsolidasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Pekanbaru.

Klik di sini untuk mendapatkan voucher Pegadaian

"Artinya sudah resmi jumlah kursi yang akan diperbutkan di DPRD Kota Pekanbaru, artinya naik dari sebelumnya yang 45 kursi. Ini berdasar jumlah data konsolidasi bersama Capil, itu ada 1.074.00, itu berarti sudah menjadi 50 kursi," jelasnya.

Dalam proses ini, KPU Kota Pekanbaru tinggal melaksanakan penataan Daerah Pemilihan (Dapil), tahapan inipun sudah dimulai sedikit demi sedikit.

"Kemarin sudah mencoba membuat opsi untuk Dapilnya. Dapil lama ada 6, ada kemungkinan pecah di Dapil 4. Dan opsi ini akan kita sampaikan ke KPU RI, karena penetapannya untuk Kota Pekanbaru itu kewajibannya," pungkas Anton.

(Mal)

Baca Juga: Buron 9 Bulan, Tersangka Korupsi Proyek di RSUD Bangkinang Diamankan di Jawa Timur

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Andi Darma Taufik Dilantik Menjadi Anggota DPRD Riau

Kamis, 19 Januari 2023 | 19:39 WIB
X