Sudah Ajukan, Ketua KPU Kampar 'Enggan' Ungkap Nominal Anggara Pilkada 2024

- Rabu, 2 November 2022 | 16:18 WIB
Ketua KPU Kabupaten Kampar, Maria Aribeni (Amri/HRC)
Ketua KPU Kabupaten Kampar, Maria Aribeni (Amri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar, Maria Aribeni mengatakan telah mengajukan usulan Rencana Kebutuhan Biaya (RKB) Pilkada Kampar tahun 2024 mendatang. Namun ia enggan menyampaikan berapa jumlah anggaran yang diajukan tersebut.

"Kita sudah mengajukan, namun untuk nominal kita belum bisa memberikan informasi secara kelembagaan karena tahapan pilkada belum resmi di tetapkan. Kita masih fokus degan tahapan pemilu nanti, akan ada informasi dari KPU Provinsi untuk menyampaikan," ujar Maria Aribeni saat dihubungi haluanriau.co, Rabu (02/11).

"Informasi berapa nominalnya coba lebih ke domain nya Pemda saja, yang memberikan informasi berapa yang diusulkan KPU. Nanti akan di ekspos secara serentak," kata Maria Aribeni.

Ia mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu surat Gubernur Riau dan dana sharing dari Provinsi. Sebab terkait anggaran Pemilu serentak 2024 mendatang masih dalam pembahasan.

Klik di sini untuk mendapatkan voucher Pegadaian

Dijelaskannya Pilkada serentak 2024 nanti tidak hanya pemilihan Bupati, namun juga serentak pemilihan Gubernur, begitu juga dengan anggaran.

"Artinya ada sharing budget antara provinsi dan kabupaten kota, saat ini kami belum memperoleh, mendapatkan keputusan daerah berapa yang menjadi beban kabupaten dan berapa jadi beban provinsi," ucapnya.

"Sehingga, kami belum bisa menyampaikan angka pasti untuk anggaran Pilkada serentak nanti, yang jelas kami sudah menyusun anggaran sesuai dengan standar biaya masukan (SBM) dan Permenkeu," terangnya.

"Anggaran pemilu itu dari APBN dan ini sudah ditentukan oleh KPU RI. Pada prinsipnya kita hanya menjalankan yang sudah ditentukan oleh KPU RI," kata  
Maria Aribeni memungkasi.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Andi Darma Taufik Dilantik Menjadi Anggota DPRD Riau

Kamis, 19 Januari 2023 | 19:39 WIB

Presiden Vietnam Mundur, Karena Takut Dipecat?

Selasa, 17 Januari 2023 | 19:50 WIB
X