Tinggal 3 Hari Lagi, KPU Kampar Optimis Rampungkan Verifikasi Faktual Parpol

- Selasa, 1 November 2022 | 15:25 WIB
Ketua KPU Kabupaten Kampar Maria Aribeni saat melakukan verifikasi faktual keanggotaan Parpol ke Rumah Warga (Amri/HRC)
Ketua KPU Kabupaten Kampar Maria Aribeni saat melakukan verifikasi faktual keanggotaan Parpol ke Rumah Warga (Amri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Jelang H-3 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar optimis mampu merampungkan verifikasi faktual anggota partai politik sesuai waktu yang telah ditetapkan. Pendataan ini dimulai sejak 15 Oktober dan berakhir pada 4 November 2022 ini.

"Kami optimis, bahwa kami bisa tuntaskan (verifikasi faktual anggota parpol, red) dalam ring waktu yang sudah ditentukan," ujar Ketua KPU Kabupaten Kampar, Maria Aribeni saat dihubungi haluanriau.co, Selasa (01/11).

Maria Aribeni menuturkan berdasarkan pengumuman KPU RI nomor 9/PL.01.1.Pu/5/2022 tanggal 14 Oktober 2022 bahwa ada 18 parpol yang dinyatakan lulus verifikasi administrasi, terhadap 18 parpol ini.

Sesuai dengan putusn MK Nomor 55 Tahun 2020 bagi papol yang memenuhi ambang batas (parlemen threshold) itu tidak dilakukan lagi verifikasi faktual. Hanya partai pada pemilu 2019 kemarin yang tidak mencapai ambang batas dan partai baru yang mendaftar.

"Maka dalam verifikasi Faktual yang kami lakukan di kabupaten/kota sesuai dengan tahapannya tanggal 15 Oktober 2022 sampai nanti tanggal 4 November 2022, itu ada tiga hal yang kami lakukan verfak. Diantaranya, kantor, kepengurusan dan keanggotaan," kata Maria Aribeni.

"Untuk kantor dan kepengurusan, itu sudah tuntas kami lakukan di tanggal 17 Oktober 2022 kemarin. Dan saat ini masih berlangsung verfak untuk keanggotaan," sambungnya.

Klik di sini untuk mendapatkan voucher Pegadaian

Lanjut dia, terhadap verifikasi faktual keanggotaan parpol dalam PKPU 4 tahun 2022 itu di atur dengan 3 metode. Pertama mendatangi tempat tinggal anggota parpol yang telah ditentukan berdasarkan sampel, dan ini sudah tuntas dilakukan oleh pihaknya.

Kemudian anggota parpol yang tidak dapat ditemui oleh petugas, maka pihaknya menyampaikan kepada parpol yang bersangkutan untuk dikumpulkan dikantornya masing-masing untuk dialkukan verfak, dan ini sebut dia sedang berlangsung.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Andi Darma Taufik Dilantik Menjadi Anggota DPRD Riau

Kamis, 19 Januari 2023 | 19:39 WIB
X