NasDem Calonkan Anies Jadi Capres, Menteri di Kabinet Terancam di Reshuffle?

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:10 WIB
NasDem usung Anies Baswedan sebagai capres pada Pilpres 2024
NasDem usung Anies Baswedan sebagai capres pada Pilpres 2024

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic), Ahmad Khoirul Umam di Jakarta memberikan prediksinya terkait keputusan Partai NasDem mencapreskan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk Pemilu 2024.

Pencapresan itu menurutnya akan berdampak pada nasib ketiga menteri partai Ketua Umum Surya Paloh tersebut yang berpotensi di reshuffle karena alasan politik.

"Potensi risiko yang paling besar adalah ancaman reshuffle tiga menteri Nasdem di pemerintahan," ungkap Umam yang dikutip dari Kompas.

Tidak hanya itu, langkah politik NasDem pun di koalisi pemerintahan saat ini disebutnya terbuka kemungkinan akan adanya kriminalisasi bahkan digembosi jelang Pemilu 2024 yang disebabkan nama Anies sendiri disinyalir berlawanan.

"Nama Anies disinyalir berlawanan dengan lingkaran kekuasaan," kata Umam.

Baca Juga: Bantai Guam 14-0, Timnas U-17 Target Raih Kemenangan Penuh atas Uni Emirat Arab

Klik di sini untuk mendapatkan voucher Pegadaian

Menanggapi hal tersebut, dikutip dari detik, Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya mengatakan bahwa dirinya meyakini bahwa Presiden Jokowi tidak akan berpikiran seperti itu. Ia menyebutkan bahwa siapapun sah-sah saja untuk menyatakan diri maju pada Pilpres 2024 mendatang.

"Saya kok tidak yakin Pak Jokowi akan sesempit itu dalam melihat dinamika politik yang terjadi. Bukankah siapapun sah untuk menyatakan diri bakal maju menjadi capres di 2024 nanti? Bukankah sah juga sebuah partai politik mencalonkan seseorang untuk menjadi capres di 2024 mendatang?" kata Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya kepada wartawan, Selasa (4/10/2022).

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Kompas, detik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rapimda Demokrat Riau Siapkan Kemenangan AHY di 2024

Minggu, 20 November 2022 | 21:30 WIB
X