Laksanakan Rapat Pleno, Khaidir Ditunjuk Nahkodai Bawaslu Pelalawan

- Senin, 26 September 2022 | 21:15 WIB
Ketua Bawaslu Pelalawan, Khaidir S.Ip
Ketua Bawaslu Pelalawan, Khaidir S.Ip

 

HALUANRIAU.CO, PELALAWAN - Khaidir S.IP terpilih sebagai Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pelalawan. Keputusan tersebut diambil empat komisioner dalam pleno yang dilaksanakan Senin (26/9/22) di kantor Bawaslu Pelalawan jalan Sultan Syarif Hasyim Pangkalan Kerinci.

Pelaksanaan pleno pemilihan ketua Bawaslu Pelalawan mengacu kepada Perwaslu nomor 3 tahun 2022 tentang tata kerja dan pola hubungan antar lembaga pengawas pemilihan  Umum. Di dalam peraturan Bawaslu tersebut mengizinkan Bawaslu di daerah untuk melakukan perombakan susunan pimpinan berdasarkan rapat pleno.

"Inti dari Perwaslu itu penghapusan divisi pengawasan, karena semua komisioner adalah pengawas pemilu," terang Bustami, Ketua Divisi Pencegahan, Humas dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Pelalawan.

Bustami menambahkan, sejatinya Bawaslu tidak mengenal ketua dalam setiap pengambilan keputusan, mengingat setiap keputusan yang dihasilkan bersifat kolektif kolegial yang artinya berdasarkan keputusan bersama atau voting jika terjadi ketidak sepakatan dan pengambilan keputusan.

Baca Juga: Tilap Uang Zakat Rp190 Juta, Staf Baznas Dumai Divonis 1,5 Tahun Penjara

"Karena ada beberapa orang pimpinan, maka ditunjuklah satu orang untuk ketua, itu keputusan kita bersama yang diambil secara pleno," tambah Bustami.

"Untuk pergantian ketua Bawaslu Pelalawan, tadi kita sudah melaksanakan rapat pleno yang diikuti empat komisioner, karena sekarangkan kita empat orang, saudara Nanang sudah jadi Bawaslu Provinsi, belum ada PAW nya, dari hasil rapat pleno empat pimpinan tadi. Saudara Khaidir dipilih sebagai Ketua Bawaslu yang baru," tegas Bustami.

Setelah terpilihnya Khaidir jadi Ketua Bawaslu Pelalawan, sekretariat segera menindaklanjuti dengan membuat berita acara rapat pleno pemilihan ketua Bawaslu Pelalawan yang nantinya akan di kirim ke Bawaslu pusat melalui Bawaslu Provinsi Riau.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Terkini

Rapimda Demokrat Riau Siapkan Kemenangan AHY di 2024

Minggu, 20 November 2022 | 21:30 WIB
X