Giliran Mantan Direktur Umum PT Kamparicom Jalani Pemeriksaan

- Selasa, 20 Juli 2021 | 04:25 WIB
Mantan Direktur Umum PT Kamparicom usai menjalani pemeriksaan
Mantan Direktur Umum PT Kamparicom usai menjalani pemeriksaan

HALUANRIAU.CO, KAMPAR-Mantan Direktur Umum PT Kamparicom, Zamhir Basem diperiksa Kejaksaan Negeri Kampar, Senin (19/7). Da diperiksa terkait dugaan penyimpangan pengelolaan keuangan daerah dalam penyertaan modal Kabupaten Kampar ke PT Kamparicom.

"Saya diperiksa sebagai mantan Direktur Umum PT Kamparicom dan sejak tahun 2012 saya sudah mengundurkan diri," ujar Zamhir saat itu.

Terpisah, Kepala Kejari (Kajari) Kampar Arif Budiman melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Silfanus Rotua Simanulang membenarkan pemeriksaan terhadap mantan Ketua STIE Bangkinang itu. Hal itu dilakukan pihaknya untuk mendalami perkara yang tengah diusut itu.

"Benar, kita telah melakukan pemeriksaan mantan Direktur PT Kamparicom inisial ZB. Dia dimintai keterangannya sebagai mantan Direktur Umum PT Kamparicom," singkat mantan Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R) Kejari Pelalawan itu.

Sebelumnya sejumlah pejabat dan mantan pejabat di Negeri Sarimadu itu telah diperiksa Korps Adhyaksa itu.

"Sejauh ini suda ada beberapa orang yang sudah di klarifikasi," pungkas Silfanus.

PT Kamparicom adalah perusahaan konsorsium yang dibentuk melalui memorandum of understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan PT Bonecom Budidaya Kampar.

Untuk membangun pabrik pengolahan ikan (processing), Pemkab Kampar menyediakan lahan seluas 12,672 hektare senilai Rp3,336 miliar di Desa Koto Perambahan, Kecamatan Kampar Timur yang sekarang menjadi Kecamatan Kampa, pada tahun 2007 lalu.

Masih di tahun yang sama, Pemkab Kampar juga menyerahkan dana penyertaan modal sebesar Rp5 miliar. Dilanjutkan pada 2008 sebesar Rp500 juta dan tahun 2010 sebesar Rp10 miliar. Hingga berjumlah sebesar Rp18,836 miliar, yakni dana dan aset tanah.

Selanjutnya pada tahun 2011 dan tahun berikutnya juga diserahkan sejumlah dana penyertaan modal. Sehingga diperkirakan dana penyertaan modal mencapai Rp24,8 miliar.

Halaman:

Editor: Dodi Ferdian

Tags

Terkini

Isu Demo "Jokowi End Game", Ini Kata Mahfud MD

Sabtu, 24 Juli 2021 | 11:13 WIB

PAN Kuansing Gelar Muscab Serentak

Senin, 28 Juni 2021 | 15:50 WIB

Pelantikan Bupati Inhu Terkatung Katung

Sabtu, 15 Mei 2021 | 13:32 WIB

Ketua Bawaslu RI Monitoring PSU di Indragiri Hulu

Selasa, 20 April 2021 | 19:48 WIB
X