Diskes Tarik Vaksin, Komisi III Ingatkan Lebih Teliti

- Kamis, 10 Juni 2021 | 14:35 WIB
Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru Yasser Hamidy (Akmal)
Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru Yasser Hamidy (Akmal)
HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru menekankan agar Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru lebih teliti soal program vaksinasi.

Ditegaskannya demikian, melihat kebijakan yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru yang menarik kembali vaksin yang sudah tersebar ke beberapa rumah sakit.

Penarikan itu beralasan untuk dilakukan kembali pendataan ulang, temuan dilapangan banyak vaksin yang sudah disuntikkan namun warga yang mendapat vaksin tidak didata.

Hal itu berdampak kepada jumlah vaksin, jika begitu stok vaksin tidak berkurang yang berimbas kepada sulitnya untuk meminta vaksin tambahan ke pemerintah pusat.

Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, Yasser Hamidy mengatakan dengan penarikan vaksin ini diharapkan seluruh data penerima dan jumlah vaksin yang tersedia di Pekanbaru menjadi singkron dan tidak terjadi ketimpangan.

"Masyarakat harus tenang dan presepsinya jangan lari, karena penarikan vaksin ini hanya untuk memvalidasi data apakah vaksin yang diberikan dengan pusat cocok apa tidak dengan yang terjadi dilapangan," jawab Yasser, Kamis (10/6).

Politi PKS ini meminta Diskes Pekanbaru untuk segera melakukan evaluasi agar vaksin yang diberikan oleh pemerintah pusat cocok dengan realisasi yang ada di lapangan.

Ada hal yang disayangkan Yasser, yaitu menyebarnya surat penarikan itu dikalangan umum, tentu masyarakat menjadi resah dengan beribu pertanyaan.

"Atau bisa Diskes memanggil direktur rumah sakit dan Puskesmas sembari membawa data, dan bisa langsung dilakukan evaluasi berapa vaksin yang sudah teralisasi dengan jumlah vaksin yang diberikan pemerintah pusat," singkatnya.

Kedepannya, Komisi III DPRD Kota Pekanbaru akan memanggil Diskes dan juga rumah sakit serta Puskesmas yang ada di Pekanbaru, Yasser menyebutkan dirinya akan menggelar rapat internal terlebih dahulu apakah akan dipanggil atau cukup dikomunikasikan saja.

"Akan segera kita rapatkan, tapi kalau cukup dengan komunikasi saya rasa bisa juga mewakili," tutupnya. (Adv)

Editor: Akmal

Terkini

DPP PDI Perjuangan Umumkan Ketum dan Sekjen BMI

Senin, 22 November 2021 | 18:48 WIB
X