Lengkapi Berkas Raja Thamsir Rachman dan Surya Darmadi, Kejagung Periksa Dua Orang Saksi

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 14:30 WIB
Ilustrasi korupsi (Pixabay)
Ilustrasi korupsi (Pixabay)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Tim Jaksa Penyidik mulai mengagendakan pemeriksaan saksi-saksi untuk melengkapi berkas perkara para tersangka dugaan korupsi perkara di PT Duta Palma Group. Seperti yang dilakukan pada Selasa (2/8) ini.

Saat dikonfirmasi, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung (Kejagung), Ketut Sumedana, membenarkan hal tersebut. Dikatakan dia, pemeriksaan saksi dilakukan Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Kejagung.

"Hari, Tim Jaksa Penyidik memeriksa 2 orang saksi yang terkait dengan perkara dugaan korupsi dalam kegiatan pelaksanaan yang dilakukan oleh PT Duta Palma Group di Kabupaten Indragiri Hulu atas nama Tersangka RTR dan SD," ujar Ketut, Selasa siang.

Adapun para saksi tersebut, kata Ketut, masing-masing berinisial AS selaku Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai pada Direktorat Jenderal Bea Cukai. Lalu, TTG selaku Direktur Palma Satu, PT Panca Agro Lestari dan PT Seberida Subur.

Baca Juga: Rakor MUI Riau dan Pimpinan MUI Se Provinsi Riau Hasilkan 4 Komitmen Bersama

"Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara tersebut," kata Ketut seraya mengatakan, pemeriksaan saksi dilaksanakan dengan mengikuti secara ketat protokol kesehatan.

Sebelumnya, Kejagung RI menetapkan mantan Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Raja Thamsir Rachman sebagai tersangka dalam perkara yang melibatkan PT Duta Palma Group di kabupaten tersebut. Selain dia, Surya Darmadi selaku pemilik perusahaan tersebut turut juga menyandang status yang sama. Penetapan tersangka dilakukan pada Senin (1/8) kemarin.

Dalam tindak pidana korupsi, kata Ketut, ditetapkan 2 orang tersangka, yaitu Raja Thamsir Rachman, Bupati Kabupaten Inhu periode 1999 hingga 2008. Berikutnya, Surya Darmadi selaku Pemilik PT Duta Palma Group.

Sementara itu, dalam tindak pidana pencucian uang, ditetapkan tersangka, yaitu Surya Darmadi.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diduga Aniaya Warga, Seorang Polwan di Riau Dipolisikan

Jumat, 23 September 2022 | 19:01 WIB

Terlilit Utang Bejudi, Buruh Pabrik Memilih Gantung Diri

Selasa, 20 September 2022 | 15:28 WIB
X