Sejauh Ini, Kejati Riau Telah Klarifikasi 5 Orang Usut Dugaan Korupsi Dana Hibah Siak 2011-2013

- Selasa, 28 Juni 2022 | 16:54 WIB
Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejaksaan Tinggi Riau, Bambang Heripurwanto (Dodi/HRC)
Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejaksaan Tinggi Riau, Bambang Heripurwanto (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kejaksaan Tinggi Riau terus bekerja mengusut dugaan korupsi dana hibah Kabupaten Siak Tahun 2011-2013. Sejauh ini telah 5 orang diklarifikasi.

Demikian disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) dan Humas Kejati Riau, Bambang Heripurwanto, Selasa (28/6). Dikatakan Bambang, pengusutan dilakukan berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI yang diserahkan oleh Gerakan Pemuda Mahasiswa Pekanbaru Peduli Keadilan (GPMPPK).

Atas hal itu, Korps Adhyaksa itu langsung menindaklanjutinya. Kepala Kejati (Kajati) Riau Jaja Subagja telah menerbitkan Surat Perintah Tugas (Sprintug) Nomor : 17/L4.5/fd.1/06/2022 tanggal 8 Juni 2022.

"Sebelumnya 4 orang dimintai keterangan," ujar Bambang.

Tidak sampai di situ, proses klarifikasi juga dilakukan terhadap seorang pihak lainnya. Proses permintaan keterangan dilakukan pada pekan kemarin. "Ada penambahan 1 orang lagi. Jadi total sejauh ini sudah ada 5 orang yang dimintai keterangan," sebut Bambang.

Baca Juga: Kejati Riau Usut Dugaan Korupsi Dana Hibah Kabupaten Siak 2011-2013

"Selain itu, tim juga sedang mengumpulkan dokumen SPj (Surat Pertanggungjawaban, red) hibah," sambung Jaksa yang pernah bertugas di Kejati Banten selaku Kasi Penyidikan pada Bidang Pidana Khusus (Pidsus).

Perkara ini sebelumnya dilaporkan GPMPPK. Mereka mencium adanya aroma rasuah dalam penyaluran dana hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak yang saat itu masih dipimpin Syamsuar.

Sebelumnya, massa GPMPPK kerap melakukan unjuk rasa mendesak agar Kejaksaan mengusut tuntas dugaan korupsi dana hibah di Kabupaten Siak. Selain di Kejati Riau, mereka juga pernah melakukan demonstrasi di kantor Kejaksaan Agung RI.

Suara yang sama juga didengungkan organisasi kepemudaan (OKP) Pemuda Pancasila.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Azwendi Jabat Ketua DPC Demokrat Pekanbaru

Senin, 1 Agustus 2022 | 18:53 WIB

Resmi! Raphinha Selangkah Lagi ke Barcelona

Selasa, 12 Juli 2022 | 19:01 WIB
X