Pemantau Pemilu 2024 Resmi Dibuka, Bawaslu Riau Tekankan Potensi Kecurangan Ada di Semua Tahapan, Mari Dikawal

- Jumat, 10 Juni 2022 | 21:24 WIB
Komisioner Bawaslu saat peluncuran Meja Bantuan Pemantau Pemilu 2024 (Bilhaqi/HRC)
Komisioner Bawaslu saat peluncuran Meja Bantuan Pemantau Pemilu 2024 (Bilhaqi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Bawaslu RI secara resmi telah meluncurkan Meja Bantuan Pemantau Pemilu 2024, Jumat (10/6/2022).

Bersamaan dengan hal tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau juga telah membuka pendaftaran kepada organisasi masyarakat yang ingin menjadi Pemantau untuk Pemilu 2024 mendatang dimana Komisioner KPU Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat Dan Hubungan Antar Lembaga, Neil Antariksa menjelaskan bahwa ia meminta untuk tetap terus mengawal seluruh prosesnya.

"Potensi kecurangan ada di semua tahapan, makanya perlu dikawal seluruh proses tahapan Pemilu mulai dari awal sampai rekapitulasi perhitungan suara," jelas Neil.

Neil juga menambahkan bahwa pemantau pemilu sangat dibutuhkan, namun demikian dari segi pembiayaan dilapangan sendiri, peserta yang lolos tidak ditanggung oleh Bawaslu.

Baca Juga: Sambangi Bawaslu Riau, Ini Tujuan Kedatangan Pengurus DPD Partai Garuda

Namun demikian, para pemantau pemilu nantinya akan mendapatkan sertifikat resmi dari Bawaslu RI dan tetap ikut dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Bawaslu nantinya.

"Kami sudah bentuk panitia akreditasi, dengan diluncurkannya meja pemantauan ini kami membuka layanan kepada masyarakat dan Ormas yang mendaftar sebagai pemantau Pemilu," jelasnya.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para Pemantau Pemilu 2024 nantinya adalah harus memiliki akte pendirian, AD/ART, profil Ormas/lembaga, NPWP, nama dan struktur kepengurusan alokasi anggota pemantau yang ditempatkan di daerah, dan proyeksi pemantauan.

Baca Juga: Bawaslu Inhil Gelar Diskusi Publik Problematika penegakan hukum Pemilu

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Azwendi Jabat Ketua DPC Demokrat Pekanbaru

Senin, 1 Agustus 2022 | 18:53 WIB

Resmi! Raphinha Selangkah Lagi ke Barcelona

Selasa, 12 Juli 2022 | 19:01 WIB
X