Berkas Perkara Emrizal-Abdul Kadir Limpah ke Pengadilan, Tersangka Korupsi di RSUD Bangkinang Segera Disidang

- Selasa, 31 Mei 2022 | 10:44 WIB
JPU pada Kejari Kampar melimpahkan berkas perkara Emrizal dan Abdul Kadir Jaelani, ke Pengadilan (Istimewa)
JPU pada Kejari Kampar melimpahkan berkas perkara Emrizal dan Abdul Kadir Jaelani, ke Pengadilan (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah melimpahkan berkas perkara dugaan korupsi di RSUD Bangkinang dengan tersangka Abdul Kadir Jaelani Djumra dan Emrizal, ke Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Pekanbaru. Saat ini, JPU menunggu jadwal sidang untuk dua pesakitan tersebut.

Pelimpahan berkas perkara tersebut dilakukan Jaksa pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kampar, Senin (30/5) kemarin. Demikian disampaikan Kepala Kejari (Kajari) Kampar Arif Budiman saat dikonfirmasi melalui Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus Amri Rahmanto Sayekti, Selasa (31/5).

"Jadi memang kemarin kami melimpahkan dua berkas perkara atas nama Emrizal sama Abdul Kadir Jaelani Djumra," ujar Amri Rahmanto didampingi Kasi Intelijen Kejari Kampar, Silfanus Rotua Simanulang.

Dikatakan Amri, Emrizal dan Abdul Kadir merupakan tersangka dugaan korupsi pembangunan ruang Instalasi Rawat Inap Tahap II RSUD Bangkinang. Pada proyek itu, Emrizal selaku Project Manager, sedangkan Abdul Kadir Jaelani sebagai Direktur PT Fatir Jaya Pratama.

Baca Juga: Pria Paruh Baya Ditemukan Gantung Diri di Swakarya

Dengan telah dilimpahkannya berkas perkara ke pengadilan, Tim JPU kata Amri, saat ini tengah menunggu penetapan majelis hakim yang akan memeriksa dan mengadili perkara tersebut. Majelis hakim tersebut nantinya yang akan menetapkan jadwal sidang perdana dengan agenda pembacaan surat dakwaan.

"Kami (Tim JPU, red) sekarang tinggal menunggu penetapan hari sidang dari Pengadilan Tipikor pada PN Pekanbaru," sebut Amri.

Lanjut Amri, ada 6 orang Jaksa yang bertindak sebagai Penuntut Umum. Para Jaksa itu yang akan membuktikan dakwaannya di persidangan. "Tim JPU-nya sekitar 6 orang. Tapi mungkin yang sidang tak semuanya. Dari JPU itu terdiri dari Jaksa di Kejaksaan Tinggi Riau dan Kejaksaan Negeri Kampar," kata dia.

Selain Emrizal dan Abdul Kadir, perkara ini telah menjerat Mayusri selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Rif Helvi, Team Leader Management Konstruksi (MK) atau Pengawas pada proyek tersebut. Keduanya saat ini tengah diadili di Pengadilan Tipikor Pekanbaru.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Azwendi Jabat Ketua DPC Demokrat Pekanbaru

Senin, 1 Agustus 2022 | 18:53 WIB

Resmi! Raphinha Selangkah Lagi ke Barcelona

Selasa, 12 Juli 2022 | 19:01 WIB
X