PP BMR : Penetapan Pj Wako Pekanbaru dan Bupati Kampar Telah Sesuai Aturan

- Kamis, 19 Mei 2022 | 12:32 WIB
Ketua Umum PP BMR, Broery MP Nainggolan (istimewa)
Ketua Umum PP BMR, Broery MP Nainggolan (istimewa)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pengurus Pusat (PP) Barisan Muda Riau (BMR) mendukung keputusan terkait penetapan Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru dan Bupati Kampar. Menurut PP BMR, mekanisme penetapan dipastikan telah melalui mekanisme sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kita mendukung siapapun yang ditunjuk Pemerintah Pusat untuk menjadi Pj Wali Kota Pekanbaru dan Bupati Kampar," ujar Ketua Umum (Ketum) PP BMR, Broery MP Nainggolan, Kamis (19/5).

Sebelumnya Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar telah mengusulkan 3 nama calon Pj Wako Pekanbaru dan Bupati Kampar ke Mendagri.

Untuk nama calon Pj Wako Pekanbaru diusulkan nama Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov), Masrul Kasmi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), M Edy Afrizal, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Riau, Boby Rahmat.

Sedangkan calon Pj Bupati Kampar, Gubri Syamsuar mengusulkan nama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Riau Imron Rosadi, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Roni Rahmat dan Kepala Biro (Karo) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov, Zulkifli Syukur.

Baca Juga: Iskandar Hoesin Apresiasi 4 Atlet Riau Sumbang Medali bagi Indonesia di Sea Games

Namun di pertengahan jalan, beredar kabar nama Sekretaris DPRD Provinsi Riau Muflihun disetujui oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai Pj Wako Pekanbaru, dan nama Kamsol mencuat sebagai calon kuat Pj Bupati Kampar. Untuk nama yang disebutkan terakhir saat ini menjabat Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau.

Adapun peraturan yang mengatur tentang penetapan Pj Kepala Daerah tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2018. Dalam Pasal 5, dijelaskan beberapa aturan terkait penetapan Pj Bupati atau Wali Kota.

"Penetapan tersebut tentunya telah melalui mekanisme penjaringan dan pertimbangan yang matang oleh Mendagri untuk memilih siapa yang layak untuk menjadi Pj," lanjut Broery.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X