Data Pengguna Bocor, DJP Pastikan Situs Web Aman

- Jumat, 4 Maret 2022 | 16:49 WIB
Ilustrasi Hacker (B_A on Pixabay)
Ilustrasi Hacker (B_A on Pixabay)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Pada Januari lalu, peneliti keamanan DarkTracer melalui akun Twitternya membeberkan laporan bahwa ratusan ribu data kredensial yang diakses lewat web di Indonesia bocor.

Data kredensial itu termasuk di antaranya Ditjen Pajak, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), situs resmi prakerja, Kementerian Agama, dan Kementerian Keuangan.

DarkTracer menyebut sebanyak 40.629 pengguna di Indonesia terinfeksi Stealer, seperti Redline, Raccoon, dan Vidar. Sedangkan sebanyak 502,581 kredensial yang diakses ke domain .id bocor dan didistribusikan ke situs gelap.

Tanggapi hal tersebut, Direktorat Jenderal Pajak Indonesia (DJP) Kementerian Keuangan memastikan data yang mereka kelola dalam kondisi aman dan dapat diakses usai 40 ribu data pengguna mereka diduga bocor.

Baca Juga: Foto Mayat Artis Thailand, Tangmo Nida Patcharaveerapong 'Berseliweran' di Media Sosial, Dibunuh?

Data yang bocor tersebut diduga merupakan data kredensial pengguna untuk masuk dalam situs pemerintahan.

"Berdasarkan investigasi kami, situs web milik DJP dipastikan aman dan dapat diakses sebagaimana biasanya," ujar Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Neilmaldrin Noor lewat keterangan tertulis, Kamis (3/3).

Menurutnya, kebocoran data berasal dari perangkat pengguna yang terinfeksi malware. Kemudian data diambil dan digunakan untuk masuk ke dalam situs pemerintahan.

Oleh karena itu, Neil menyarankan agar pengguna situs web pajak.go.id dan para wajib pajak segera mengganti kata sandi dengan kombinasi lebih kuat dan aman agar tak mudah diretas.

Baca Juga: Pemerintah Kembali Izinkan Swasta Ikut Impor Daging Sapi dan Kerbau

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Minuman Penambah Energi di Pagi Hari Selain Susu

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:44 WIB

Azwendi Jabat Ketua DPC Demokrat Pekanbaru

Senin, 1 Agustus 2022 | 18:53 WIB

Resmi! Raphinha Selangkah Lagi ke Barcelona

Selasa, 12 Juli 2022 | 19:01 WIB
X