Pemerintah Indonesia Siapkan Skenario Evakuasi WNI dari Ukraina

- Sabtu, 26 Februari 2022 | 23:12 WIB
Kemenlu sedang menyiapkan rencana evakuasi bagi 153 WNI di Ukraina yang terdampak invasi Rusia. Tapi belum jelas kapan rencana itu dijalankan. (Dok. Kemlu RI)
Kemenlu sedang menyiapkan rencana evakuasi bagi 153 WNI di Ukraina yang terdampak invasi Rusia. Tapi belum jelas kapan rencana itu dijalankan. (Dok. Kemlu RI)

 

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Pemerintah RI tengah berupaya mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Ukraina ditengah agresi militer yang dilancarkan Rusia ke negara tersebut.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha mengatakan, data terakhir yang dicatat, ada total 153 WNI di Ukraina. Namun, demikian, Judha tidak menjelaskan kapan evakuasi akan dilakukan.

"Upaya yang bisa kita lakukan adalah membawa WNI kita ketika situasi di lapangan memungkinkan, menuju ke Polandia atau Rumania atau beberapa negara sekitar, yang kita utamakan yang terdekat, setelah itu dapat kita lakukan penjemputan di sana," kata Judha dalam konferensi pers virtual, Sabtu (26/2).

Ia mengatakan pemerintah telah menyiapkan tim evakuasi yang terdiri dari unsur Kemlu dan TNI. Selain itu, juga disiapkan pesawat untuk evakuasi.

Baca Juga: Menteri Perdagangan Pastikan Stok Minyak Goreng Aman saat Bulan Puasa

"Detail tidak bisa kami sampaikan di sini, namun saat ini kita sedang siapkan proses evakuasi WNI untuk keluar dari Ukraina, situasi di lapangan sangat sulit," katanya

Presiden Rusia, Vladimir Putin sebelumnya telah memerintahkan operasi militer di wilayah Donbas yang terletak di timur Ukraina pada Kamis (24/2) sekitar pukul 06.00 waktu setempat.

Tak lama usai pernyataan Putin, sejumlah bunyi ledakan mulai terdengar di Ibu Kota Ukraina, Kiev, dan Kota Kharkiv. Serangkaian ledakan juga terdengar di Belgorod, Rusia, yang berbatasan dengan Ukraina.

Tiga hari berselang, situasi perang masih belum mendingin. Sejumlah fasilitas militer berhasil dikuasai oleh Rusia. Salah satunya ialah reaktor nuklir Chernobyl di Ukraina Utara yang merupakan salah satu lokasi bencana nuklir terparah di dunia.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Minuman Penambah Energi di Pagi Hari Selain Susu

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:44 WIB

Azwendi Jabat Ketua DPC Demokrat Pekanbaru

Senin, 1 Agustus 2022 | 18:53 WIB

Resmi! Raphinha Selangkah Lagi ke Barcelona

Selasa, 12 Juli 2022 | 19:01 WIB
X