Aturan Kemenag soal Pengeras Suara Masjid Dikritik DPR

- Selasa, 22 Februari 2022 | 12:36 WIB
Speaker masjid
Speaker masjid

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Terkait aturan mengenai panduan pemakaian pengeras suara (speaker) yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama (Kemenag), Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori Yusuf memberikan kritiknya.

Sebelumnya, aturan tersebut di ekluarkan oleh Kemenag melalui Surat Edaran Menteri Agama No.5 Tahun 2022.

Bukhori menilai, secara substansi pedoman tersebut mengabaikan dinamika kondisi sosiologis dan kultural masyarakat setempat mengingat jangkauan dari edaran tersebut tidak hanya dialamatkan kepada masjid atau mushola yang berada di wilayah perkotaan tetapi juga di wilayah pedesaan.

“Penggunaan pengeras suara di masjid adalah tradisi umat Islam di Indonesia. Bagi masyarakat tradisional yang komunal, mereka relatif memiliki penerimaan yang lebih positif terhadap tradisi melantunkan azan, zikir, atau pengajian dengan suara keras melalui speaker masjid," kata Bukhori kepada wartawan, Selasa (22/2/2022).

Baca Juga: Antisipasi Dosis Vaksin Covid-19 Kadaluarsa, Pemko Pekanbaru Minta Vaksinasi Masyarakat Dipercepat

Politisi PKS ini mengatakan, dalam konstruksi kebudayaan masyarakat di pedesaan, bunyi keras tersebut telah menjelma sebagai ‘soundscape’ atau bunyi lingkungan, sehingga apabila frekuensi ataupun kapasitas dari bunyi tersebut berkurang atau melemah maka akan menghilangkan kebiasaan mereka untuk mendengarkan lantunan suara dari masjid atau mushola.

“Seperti ada bagian yang hilang dalam keseharian hidup mereka,” ungkapnya.

Namun demikian, Bukhori mengamini bahwa fenomena yang dianggap lazim di pedesaan tersebut tidak sepenuhnya dapat diterima oleh penduduk di lingkungan perkotaan yang hidup dalam suasana heterogen, individualistik, serta bising, sehingga ketenangan menjadi hal yang didambakan di tengah hiruk pikuk kehidupan metropolitan.

Baca Juga: Dewan: Kepala Otorita IKN Tidak Boleh Rangkap Jabatan!

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Indozone.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Minuman Penambah Energi di Pagi Hari Selain Susu

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:44 WIB

Azwendi Jabat Ketua DPC Demokrat Pekanbaru

Senin, 1 Agustus 2022 | 18:53 WIB

Resmi! Raphinha Selangkah Lagi ke Barcelona

Selasa, 12 Juli 2022 | 19:01 WIB
X