Tanggapi Konflik PTPN V dan Petani Kopsa M, Erick Thohir: Siapa Oknumnya? Laporkan Kepada Saya!

- Sabtu, 27 November 2021 | 02:37 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menerima pengaduan petani Kopsa M.jpg
Menteri BUMN Erick Thohir menerima pengaduan petani Kopsa M.jpg

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan laporkan kepadanya siapa oknum PTPN V yang menzhalimi petani Kopsa M Riau.

"Siapa oknumnya? laporkan kepada saya," tegas Menteri Erick Thohir dalam dialog dengan perwakilan 997 petani sawit yang tergabung dalam Koperasi Petani Sawit Makmur (Kopsa M) Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar pada hari Jumat sore di Masjid Raya An-Nur Pekanbaru (26/11).

Tangis haru kebahagiaan terlihat di wajah lebih dari 200 orang petani yang menyaksikan langsung momen bersejarah ini.

"Kami bahagia sekali bisa bertemu langsung dengan Pak Menteri. Mudah-mudahan di hari Jumat penuh barokah ini, di Masjid Raya An-Nur ini, Bapak berkenan mendengar dan memberi solusi atas permasalahan yang kami hadapi dengan PTPN V, yang telah berlangsung selama 18 tahun ini, namun sampai hari ini belum ada titik penyelesaiannya," demikian disampaikan Ari, perwakilan Kopsa M.

Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan kerja ke Riau sejak Kamis, 25 November 2021 kemarin. Salah satu rangkaian kunjungan tersebut adalah mendengar aspirasi dan pengaduan para petani yang tergabung dalam Koperasi Petani Sawit Makmur (Kopsa M) yang saat ini sedang memperjuangkan hak-haknya atas tanah dan kemitraan yang tidak sehat.

Selain soal lahan yang diserobot, Kopsa M juga mengadukan perihal dugaan utang fiktif yang digelembungkan oleh oknum PTPN V dalam membangun kebun petani, sehingga sebagian besar kebun gagal dibangun.

Baca Juga: Kemnaker Salurkan Bantuan Dana Pemerintah, Ini Cara Cek Status Penerima!

Menteri Erick Thohir menyimak dengan serius semua aduan petani. Sedangkan para petani tampak sangat terharu mendengar respons dari Menteri BUMN.

“Kasih tau saya nama-namanya, akan saya tindak langsung”, kata Erick saat merespons adanya oknum PTPN V yang menyengsarakan petani-petani Kopsa M Riau.  

Secara sigap, Erick Thohir pun langsung meminta nomor telepon perwakilan petani dan memberikan nomor telepon ajudannya kepada perwakilan petani Kopsa M. Menteri BUMN Erick Thohir berjanji akan menyelesaikan persoalan yang melilit petani-petani Kopsa M.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: istimewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dr Abdul Wahid Jabat Ketua PW Muhammadiyah Riau

Rabu, 5 Januari 2022 | 21:21 WIB

Menantunya Gabung Partai Demokrat, Basko: Saya Restui!

Selasa, 28 Desember 2021 | 14:11 WIB

Bergabung ke Partai Demokrat, Ini Alasan Menantu Basko

Selasa, 28 Desember 2021 | 11:32 WIB

PDI Perjuangan Kuansing Target Ambil Pimpinan DPRD

Selasa, 21 Desember 2021 | 14:23 WIB
X