Cegah Penyimpangan, Kejari Taja Sosialisasi Optimalisasi Penggunaan Dana Desa di Dua Kecamatan di Rohil

- Rabu, 17 November 2021 | 17:00 WIB
Kasi Intelijen Kejari Rohil Hasbullah menjadi narasumber kegiatan Sosialisasi Optimalisasi Penggunaan Dana Desa
Kasi Intelijen Kejari Rohil Hasbullah menjadi narasumber kegiatan Sosialisasi Optimalisasi Penggunaan Dana Desa

HALUANRIAU.CO, ROHIL - Kejaksaan Negeri Rokan Hilir melaksanakan Sosialisasi Optimalisasi Penggunaan Dana Desa, Rabu (17/11). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada perangkat desa dalam penggunaan dana desa agar tidak terjadi penyimpangan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Kepenghuluan Sungai Hulu Kubu, Kecamatan Kubu. Sosialiasi itu diikuti seluruh Datuk Penghulu serta Bendahara se-Kecamatan Kubu dan Kubu Babussalam.

"Sosialisasi ini bertujuan agar dalam pengelolaan dana desa tidak terjadi penyimpangan dan dapat dilakukan penyerapan anggaran secara maksimal," ujar Kepala Kejari (Kajari) Rohil Yuliarni Appy melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Hasbullah.

Dikatakan Hasbullah yang menjadi narasumber dalam kegiatan itu, Sosialisasi Optimalisasi Penggunaan Dana Desa itu merupakan program Jaksa Jaga Desa. Program ini merupakan hasil kerja sama antara Kejaksaan Agung dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemdes PDTT) dalam rangka mengawal penyaluran dan pemanfaatan dana desa.

"Sosialisasi ini sebagai upaya kita untuk melakukan pencegahan penyimpangan dana desa di Kecamatan Kubu dan Kubu Babussalam," lanjut Hasbullah.

Selain itu, kata dia, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meminimalisir dan mengatasi berbagai hambatan, kendala ataupun penyimpangan yang berpotensi merugikan keuangan negara ataupun mengurangi performa kinerja dalam upaya bersama membentuk tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, transparan dan bertanggung jawab di seluruh strata dan tingkat dari pusat sampai ke daerah dan desa.

"Program jaga desa adalah salah satu program unggulan kejaksaan, tujuan untuk meningkatkan pelayanan publik, mengatasi kemiskinan, memperkuat masyarakat sebagai subjek pembangunan. Melalui program jaga desa ini kita akan menjadi tempat yang bersahabat bagi masyarakat," jelas dia.

Sosialisasi optimalisasi penggunaan dana desa ini, sebut dia, akan terus dilakukan kepada para Datuk Penghulu yang ada di Negeri Seribu Kubah itu dan akan dilaksanakan secara bertahap.

Editor: Dodi Ferdian

Tags

Terkini

Dr Abdul Wahid Jabat Ketua PW Muhammadiyah Riau

Rabu, 5 Januari 2022 | 21:21 WIB

Menantunya Gabung Partai Demokrat, Basko: Saya Restui!

Selasa, 28 Desember 2021 | 14:11 WIB

Bergabung ke Partai Demokrat, Ini Alasan Menantu Basko

Selasa, 28 Desember 2021 | 11:32 WIB

PDI Perjuangan Kuansing Target Ambil Pimpinan DPRD

Selasa, 21 Desember 2021 | 14:23 WIB
X