Pemilihan Ketua KONI Riau Rawan Politik Uang, Anto Rachman Beberkan Alasannya

- Kamis, 11 November 2021 | 19:53 WIB
Dewan Penyantun KONI Riau, Anto Rachman (Istimewa/Derry)
Dewan Penyantun KONI Riau, Anto Rachman (Istimewa/Derry)

HALUANRIAU.CO, RIAU - Jelang Musprov KONI Riau, melalui Dewan Penyantun KONI Riau, Anto Rachman melakukan konfrensi pers pada sebuah cafe di Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru pada Kamis (11/11/2021).

Setiap individu yang mencalonkan diri pada Pemilihan ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Riau, di ketahui harus mengantongi setidaknya 4 dukungan dari KONI Kabupaten dan Kota.
Diketahui pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, KONI Riau ternyata tidak ada menyebutkan harus memenuhi syarat mengantongi 4 dukungan dari KONI Kabupaten dan Kota.

“Setiap kegiatan harus mengacu kepada AD/ART, setelah saya pelajari ternyata tidak ada menyatakan seperti itu, inilah yang menjadi masalah,” ucap Anto Rachman.

KONI Riau bukanlah organisasi politik bukan juga organisasi masa. Koni ini bertujuan untuk menaungi berbagai cabang olahraga (cabor) yang ada di Provinsi Riau.

"Ini menjadi permasalahan kepada calon-calon yang mau maju, karena bisa terjadi indikasi money politik dalam bentuk mengambil suara itu, ini yang harus kita luruskan dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) itu nanti," ucap Anto Rachman.

Baca Juga: Menag Minta Pengelola Masjid Bijak Gunakan Pengeras Suara

Anto Rachman menambahkan, KONI adalah partner kerja dari pemerintah khususnya pada bidang olahraga, KONI yang menyampaikan kepada pemerintah dan pemerintah yang menyiapkan anggaran APBD untuk cabor-cabor olahraga.

"Saya agak mulai curiga, kita mau maju sebagai ketua KONI. Kenapa harus di tentukan oleh KONI kabupaten dan kota?" lanjut Anto Rachman.

"Pemilihan ketua umum tidak harus dapat rekomendasi dari KONI kota dan kabupaten, karena daerah itu bertanggung jawabannya ke bupati atau wali kota. Dan yang mereka urus itu cabor-cabor kabupaten. Dari cabor kabupaten inilah yang akan menjadi atlet tingkat nasional mewakili Provinsi".

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Minuman Penambah Energi di Pagi Hari Selain Susu

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:44 WIB

Azwendi Jabat Ketua DPC Demokrat Pekanbaru

Senin, 1 Agustus 2022 | 18:53 WIB

Resmi! Raphinha Selangkah Lagi ke Barcelona

Selasa, 12 Juli 2022 | 19:01 WIB

Mantan PM Shinzo Abe Meninggal Dunia

Jumat, 8 Juli 2022 | 16:22 WIB
X