Bupati Alfedri Lepas Ekspor Perdana Cangkang Sawit ke Jepang

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 21:25 WIB
Saat acara pelepasan cangkang sawit di Pelabuhan Tanjung Buton (haluanriau.co/Sugianto)
Saat acara pelepasan cangkang sawit di Pelabuhan Tanjung Buton (haluanriau.co/Sugianto)

HALUANRIAU.CO, SIAK - Bupati Siak Alfedri melepas ekspor perdana cangkang kelapa sawit yang berjumlah 10.600 metric ton.

Kegiatan ekspor kali pertama dilakukan di 2021 yang dilakukan oleh PT Energi Karisma Yuda via Pelabuhan Industri Tanjung Buton, Siak, Riau.

Cangkang kelapa sawit tersebut langsung dikirimkan ke Jepang dengan menggunakan MV Hosei 68 Berbendera Panama.

Diketahui, Jepang merupakan salah satu negara yang sedang menggalakkan penggunaan sumber energi terbarukan, termasuk energi biomassa.

Baca Juga: IKMR Gelar Mubes IV pada 12-14 November

"Hari ini kami pengapalan perdana ekspor cangkang sawit dari Pelabuhan Tanjung Buton ke Jepang. Semoga ini membawa keberkahan bagi negeri dan masyarakat. Bagi PT Energi Karisma Yuda ini merupakan ekspor perdana," ujar Alfedri saat ditemui di Kawasan Pelabuhan Tanjung Buton, Rabu (27/10/2021).

Alfedri berharap aktivitas ekspor tersebut terus berlanjut setiap bulannya 10 ribu ton. Hal itu dilakukan agar memenuhi kebutuhan pembangkit biomassa yang ada di Jepang.

"Di Pelabuhan Buton ini setiap bulannya ada 10-15 kapal melakukan ekspor cangkang sawit dari perusahaan lain, dan ada tujuh perusahaan yang ekspor cangkang ke sejumlah negara, untuk hari ini khusus ke Jepang," tuturnya.

"Hari ini juga kami akan lakukan perjanjian kerjasama antara PT Samudera Siak dengan KSOP kelas II Buton, untuk sewa pakai kawasan pelabuhan yang luasnya 5 hektar untuk 3 tahun ke depan. Kami harapkan pengelolaan kawasan pelabuhan ini, ke depannya bisa lebih baik," sambung Alfedri.

Baca Juga: Bupati Kampar Serahkan Bonus Atlet dan Pelatih, Bahkan Tawarkan Kerja untuk Maharani

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPP PDI Perjuangan Umumkan Ketum dan Sekjen BMI

Senin, 22 November 2021 | 18:48 WIB
X