Demi Lolos Akpol Secara Instan, Korban Ditipu Setelah Bayar Rp2 Miliar Lebih

- Senin, 25 Oktober 2021 | 18:43 WIB

HALUANRIAU.CO, JATIM – Dua warga menjadi korban penipuan setelah diiming-imingi menjadi Akpol dengan membayar Rp2 miliar lebih.

Kasus ini terungkap setelah korban, yakni NHP dan TC melapor ke Ditreskrimum Polda Jatim.

Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jatim mengungkapkan kasus penipuan seleksi penerimaan Taruna Akpol angkatan tahun 2021, dengan modus meminta sejumlah uang sebagai jaminan.

Kemudian Petugas Subdit Jatanras Ditreskrimsus Polda Jatim langsung membekuk HNA (40) warga Surabaya yang merupakan tersangka duga penipuan seleksi rekruitmen Taruna Akpol.

Baca Juga: Orientasi ASN KPK Resmi Ditutup, Pegawai Dituntut 3 Fungsi Dasar

Untuk meyakinkan korbannya tersangka mengaku sebagai staff khusus di Dewan Pertahanan Nasional lembaga bentukan Presiden (Wantannas). Diketahui masing-masing dari korban menyerahkan Rp 1 Miliar lebih kepada tersangka.

“Tersangka ini juga mengaku kepada korban, bahwa dia salah satu anggota dari sebagai staff khusus (di Dewan Ketahanan Nasional (Watannas),” kata Kombes Pol Gatot Repli Handoko, saat melakukan pers rilis di Mapolda Jatim, Jumat (22/10/2021).

Gatot memastikan bahwa HNA bukanlah staff khusus Watannas.

Setelah diusut tak hanya dua korban yang menjadi sasaran HNA terkait penipuan jalur seleksi Taruna Akpol 2021, ternyata banyak laporan yang sudah diterima oleh Polda Jawa Timur.

“Sampai saat ini baru dua korban yang bisa ditindaklanjuti, kemungkinan masih banyak korban lain yang tertipu oleh tersangka,” ujar Gatot.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPP PDI Perjuangan Umumkan Ketum dan Sekjen BMI

Senin, 22 November 2021 | 18:48 WIB
X