Pertahankan Penurunan Kasus Covid-19, Gubri: Akhir Tahun Pandemi Jadikan Endemi

- Senin, 18 Oktober 2021 | 10:21 WIB
Gubernur Riau, Syamsuar
Gubernur Riau, Syamsuar

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Gubernur Riau, Syamsuar, kembali mengingatkan kepada masyarakat Riau untuk tidak abai terhadap protokol kesehatan. Mengingat belum selesainya penyebaran kasus Covid-19 di Riau. Hingga saat ini kasus positif di Riau kembali fluktuatif, walaupun dalam dua minggu ini mengalami

penurunan.

 

Dikatakan Gubri, usai mengadakan pertemuan dengan ahli epidemologi, pandemi covid-19 masih terjadi, bahkan dikhawatirkan akan terjadi gelombang ketiga. Seperti yang telah terjadi di beberapa negara tetangga seperti Singapura, dan Malaysia. Untuk itu perlu dilakukan pengawasan yang ketat, terhadap orang yang masuk ke Riau.

 

“Banyak pengamat mengatakan, ada gelombang ketiga pada bulan Desember. Kenapa bulan Desember karena bulan Desember banyak libur ada libur natal, libur tahun baru jadi dimungkinkan nanti ada gerakan bisa lebih menularkan. Mudah-mudahan tidak ada. Cuma kita mengkhawatirkan karena memang yang berkenaan dengan virus ini saling mutasi.

 

“Makanya sekarangkan negara Singapura belum boleh masuk ke Indonesia, ada 8 negara yang boleh masuk melalui Bali dan Batam tapi khsusu Singapur belum. Kenapa belum karena di Singapura banyak virus mutasi MU, jadi makanya mudah-mudahan tidak masuk ke Indonesia,” tambah Gubri.

 

Dijelaskan Gubri, untuk itulah perlu masukan dari ahli epidemologi bagaimana agar tidak masuk virus baru MU. Apa langkah yang harus dilakukan dalam mencegah masuknya Covid-19 varian baru. Namun yang terpenting tetap menjaga protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

DPP PDI Perjuangan Umumkan Ketum dan Sekjen BMI

Senin, 22 November 2021 | 18:48 WIB
X