Elektabilitas Parpol: PDIP, Gerindra, Demokrat, dan Golkar Sangat Kompetitif

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 12:22 WIB
Ilustrasi (Foto: janjf93 dari Pixabay)
Ilustrasi (Foto: janjf93 dari Pixabay)

 

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Perayaan pesta demokrasi di Indonesia masih akan dilaksanakan 3 tahun lagi, akan tetapi para politikus sudah mulai melakukan ancang-ancang.

Bahkan sejumlah badan survei di Indonesia pun mulai bergerak melakukan riset untuk menganalisa peta politik di Indonesia.

Salah satunya Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research yang belum lama ini merilis hasil survei elektabilitas partai politik (parpol) di Indonesia.

Hasil survei yang mereka lakukan memperlihatkan bahwa PDIP, Gerindra, Demokrat, dan Golkar, empat parpol masih kompetitif bersaing sedangkan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang berada di papan tengah berpeluang menjadi kuda hitam.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas SDM di Siak, Alfedri Lakukan Diskusi dengan Kemendikbud Ristek

Peneliti indEX Research Hendri Kurniawan dalam siaran pers di Jakarta, Kamis, 7 Oktober 2021, menyebutkan peta kekuatan empat besar partai politik makin merata.

Partai Demokrat memantapkan diri dengan menembus elektabilitas dua digit. Temuan survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research itu menunjukkan elektabilitas Demokrat mencapai 10,6 persen.

Sebelumnya, posisi papan atas hanya dikuasai tiga parpol, yaitu PDIP, Gerindra, dan Golkar. PDIP masih unggul tetapi elektabilitasnya turun di bawah 20 persen, kini hanya 17,8 persen, disusul Gerindra sebesar 13,9 persen.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: PikiranRakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X