AHY Harapkan Indonesia Emas 2045 dan Banggakan Era SBY

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 14:36 WIB
Agus Harimurti Yudhoyono (Partai Demokrat)
Agus Harimurti Yudhoyono (Partai Demokrat)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Mengenai keterpurukan di Indonesia, Ketua Umum partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membandingkan dengan keberhasilan negara Amerika Serikat dan Korea Selatan yang bangkit dari keterpurukan dalam waktu cepat.

AHY mencoba menantang Indonesia perihal kemampuan mengikuti jejak kedua negara tersebut dalam kurun waktu 24 tahun ke depan. Apalagi menurutnya Indonesia akan mengalami bonus demografi pada 2045.

"Lalu bagaimana dengan Indonesia, mampukah kita dalam kurun waktu 24 tahun ke depan mengejar ketertinggalan kita dari bangsa maju di dunia, dan kemudian mewujudkan Indonesia emas 2045," ucapnya dalam pidato kebangsaannya, Senin (23/8/2021).

Sebelumnya, AHY menjabarkan bagaimana perjalanan Amerika Serikat bisa sampai seperti saat ini 'menguasai dunia'.

"Amerika Serikat, yang merdeka pada 1776. Sejak berakhirnya Perang Dingin, negara tersebut secara de facto menjadi the only superpower in the world, seolah paling hebat segalanya di dunia, baik pengaruh politiknya, militernya, ekonominya, teknologinya, maupun peradabannya," kata AHY, dalam pidato kebangsaannya, Senin (23/8/2021).

"Ternyata pada usianya yang ke-100, Amerika Serikat masih sangat jauh dari definisi dan bayangan negara hebat dan berkeadaban. Pada 1876, Amerika Serikat masih berada pada masa rekonstruksi bangsa, setelah empat tahun lamanya terjadi. Perang Saudara, 'Civil War', pertumpahan darah terbesar sepanjang sejarah mereka, yang telah memporak-porandakan tatanan kehidupan bermasyarakat dan bernegara," lanjut AHY.

Tak sampai di situ, AHY lalu memaparkan keberhasilan Korea Selatan yang sudah maju dalam usia 50 tahun setelah merdeka. Dia menyebut sampai saat ini Korea Selatan memiliki visi lintas generasi yang sama.

"Kedua, Korea Selatan, yang porak-poranda akibat Perang Saudara, antara tahun 1950-1953. Hanya butuh waktu sekitar 50 tahun saja bagi Korea Selatan untuk menjelma menjadi negara maju dengan peradaban yang tinggi," ucapnya.

"Walaupun politik Korsel selalu dinamis tapi terlihat bahwa ada kesatuan dan kesamaan visi lintas generasi, yaitu menjadi bangsa unggul di dunia, visi seperti itulah yang mempersatukan dan menggerakkan serta membangun daya tahan bangsa secara keseluruhan, mereka tahu persis hard power saja tidak akan membawa mereka jauh ke depan, mereka tahu persis investasi terbesar harus terkait dengan pengembangan SDM," imbuhnya.

Tidak hanya hard power, menurut AHY, Korea Selatan juga maju dalam aspek lain. Salah satunya terkait budaya yang dikenal secara global.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: detik.com

Tags

Terkini

Muscab Serentak Demokrat Riau Resmi Dibuka

Senin, 18 April 2022 | 20:47 WIB
X