Fraksi PDIP DPRD Pekanbaru Minta Sampah Dikelola Kecamatan

- Kamis, 14 Januari 2021 | 12:36 WIB
images (18)
images (18)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru menyuarakan agar pengelolaan sampah kembali dikelola oleh pihak kecamatan.

Hal itu diyakini lebih efektif dan terjamin daripada dikelola oleh pihak ketiga. Nyatanya selama ini tidak memberikan dampak baik bagi Kota Pekanbaru, bahkan menenggelamkan prestasi yang pernah diraih sebelumya dalam kategori Adipura.

Demikian dikatakan oleh anggota DPRD Kota Pekanbaru Ruslan Tarigan, Kamis (14/1). Pengelolaan sampah yang diserahkan kepada pihak ketiga melalui sistim multiyears sejak 3 tahun terakhir, justru kerap menimbulkan masalah dan berpolemik.

Ruslan juga menegaskan bahwa berdasarkan hasil evaluasi dari DPRD Kota Pekanbaru, pengelolaan sampah sebaiknya dikembalikan kepada pihak kecamatan. Selama pengelolaan sampah diberikan kepada pihak ketiga dengan dana ratusan miliar, namun tak ada prestasi yang bisa diraih pekanbaru dalam bidang kebersihan.

Padahal sebelumnya, ketika pengelolaan sampah diserahkan kepada pihak kecamatan, pekanbaru justru berhasil meraih penghargaan piala adipura.

"Dari awal Fraksi PDI Perjuangan tidak setuju dikontrakkan, kita maunya kembalikan seperti dulu yang dikelola oleh kelurahan atau RT RW dan camat. Dulupun kita dapat Adipura setelah itu tidak lagi mendapatkan adipura, kenapa kita meninggalkan yang baik. Kita tetap mendorong kesitu agar dapat dilakukan pemberdayaan rakyat dan masyarakat sadar lingkungan. Yang terpenting DLHK dalam leading sektor mengkoordinir pelayanan ini, seperti jalan-jalan protokol jangan dipihak ketiga kan karna ini muka kota Pekanbaru. Harus ditangani dinas terkait," kata Ruslan.

Polemik yang terjadi saat ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru mengaku telah melakukan lelang pengelolaan sampah pada tanggal 4 januari lalu namun hingga kini masih belum ada pemenang tender yang diumumkan. Rencananya pengumuman pemenang tender melalui website LPSE pekanbaru akan dilakukan dalam kurun waktu 45 hari.

Ruslan juga berharap TPA dapat dikelola dengan baik. Jangan sampai adanya sampah yang menumpuk. Jelang didapatkan pemenang lelang sampah, dirinya meminta DLHK berkoordinasi dengan Sekda mencari solusi dan kebijakan agar tidak terjadi penumpukan sampah seperti saat ini.

"Yang terpenting pastikan TPA bisa menampung sampah-sampah ini. Dari kemarin digembar gemborkan pengelolaan sampah tapi realitanya belum ada. Kita minta dikelola dengan baik," pungkas Ruslan. (Adv)

Editor: Akmal

Terkini

X