Ratusan Halte Bus TMP Rusak Berat

- Senin, 2 September 2019 | 10:58 WIB
05 02-09 Halte Bus TMP
05 02-09 Halte Bus TMP

PEKANBARU (HR) - Sebanyak ratusan halte bus Trans Metro Pekanbaru(TMP) yang tersebar di 12 kecamatan masih dalam kondisi rusak dengan tingkat kerusakan bervariasi. Dari jumlah keseluruhan 313 halte, 123 unit di antaranya dalam kondisi rusak berat.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru melalui Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Angkutan Perkotaan, Bagus Saputra, 313 unit halte yang disebutkan terdiri dari tiga kategori yakni halte permanen, semi permanen dan portable.

Untuk halte jenis permanen berjumlah 62 unit, hanya satu dalam kondisi baik, 57 unit dalam kondisi rusak ringan dan 4 unit lagi dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak ringan yang disebutkan, banyak halte dengan kondisi kaca yang sudah pecah. Sedangkan kategori rusak berat, selain kaca pecah, atap dan plavon halte dengan kondisi pecah.

"Kalau untuk jumlah halte semi permanen itu ada 139 unit," jelas Bagus Saputra, Ahad (1/9).

Dia merincikan, dari jumlah 139 unit, hanya 15 unit saja dengan kondisi baik, sedangkan 9 di antaranya rusak ringan, karena dinding halte dipenuhi coretan. Mirisnya, 112 unit halte semi permanen dengan kondisi rusak berat.

"Ada yang tangganya rusak, tempat duduknya copot dan rusak lain," jelasnya.

Untuk halte portable, Bagus merinci, saat ini terdapat sebanyal 112 unit, 79 di antaranya masih utuh, 26 unit rusak ringan dan 27 di antaranya rusak berat.

"Untuk portable yang rusak ringan itu kondisi pegangan lepas dan ada yang dicoret, kalau rusak berat, kondisi tangan- tanggannya copot," jelas Bagus.

Ditanya, berapa anggaran yang disiapkan untuk perbaikan kerusakan yang disebutan, Bagus mengatakan mencapai Rp200 juta. Sedangkan untuk pembuatan dua halte semi permanen mencapai Rp150 juta, dengan lokasi di kawasan RS Eka Hospital dan Masjid An Namiroh, tepatnya dekat Universitas Muhammadiyah Jalan Tuanku Tambusai.

Terkait persoalan diberitakan sebelumnya, Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru mulai memperbaiki halte- halte rusak yang tersebar di beberapa wilayah KotaPekanbaru. Mulai dari tahap pengecatan ulang hingga pemasangan besi- besi tempat duduk yang sebelumnya hilang dicuri orang tak bertanggungjawab.

"Sudah mulai kita perbaiki, mana halte yang dindingnya dicoret- coret sebelumnya sudah kita cat ulang. Termasuk memasang besi- besi tempat duduk yang sebelunnya hilang dicuri," kata Kepala UPTD Pengelolaan Angkutan Perkotaan (PAP) Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Bagus Saputra, beberapa waktu lalu.

Beberapa halte yang sudah mulai diperbaiki tersebut berada di wilayah Kecamatan Senapelan, Pekanbaru Kota, Sail, Sukajadi, Marpoyan Damai, Bukit Raya, dan Kecamatan Tampan.(her)

Editor: redaktur haluan

Tags

Terkini

Kota Pekanbaru Masuk Penilaian Adipura 2022

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:01 WIB
X