Kejati dan Kejari Ziarah Kubur ke TMP Kusuma Dharma

- Selasa, 23 Juli 2019 | 12:17 WIB
05 23-07 - FOTO - dod - Kajati Riau, Uung Abdul Syakur, didampingi Ketua IAD Wilayah Riau, Ny Leli Uung Abdul Syakur menabur bunga di makam pahlawan TMP Kusuma Dharma Pekanbaru.
05 23-07 - FOTO - dod - Kajati Riau, Uung Abdul Syakur, didampingi Ketua IAD Wilayah Riau, Ny Leli Uung Abdul Syakur menabur bunga di makam pahlawan TMP Kusuma Dharma Pekanbaru.

PEKANBARU (HR)- Kejaksaan Tinggi Riau melaksanakan sejumlah kegiatan jelang Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-59. Salah satunya ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Dharma Pekanbaru, Minggu (21/7) pagi.

Sebelum pelaksanaan ziarah, dilakukan upacara. Perwira senior dalam hal ini Wakil Kepala Kejati (Wakajati) Riau Mia Amiati, mempersiapkan barisan barisan yang terdiri dari pegawai Kejati dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru.

Perwira senior selanjutnya melakukan penghormatan tanpa diikuti peserta ziarah, kemudian pemimpin ziarah, Kajati Riau Uung Abdul Syakur, memasuki lapangan upacara. Masih dipimpin Kajati, dilakukan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dan mengheningkan cipta.

Usai itu, Kajati Riau didampingi Ketua Ikatan Dharmakarini (IAD) Wilayah Riau, Ny Leli Uung Abdul Syakur, meletakkan karangan bunga di monumen TMP Kusuma Dharma. Di akhir kegiatan, Kajati Riau memimpin penghormatan akhir kepada arwah pahlawan, dan upacara selesai.

Sebelum meninggalkan lokasi ziarah, terlihat Kajati Riau didampingi Ketua IAD Wilayah Riau melaju tabur bunga di makam pahlawan. Kegiatan itu diikuti, Wakajati Riau, Mia Amiati, Kepala Kejari (Kajari) Pekanbaru, Suripto Irianto yang didampingi Ketua IAD Daerah Pekanbaru, Ny Ika Suripto Irianto.

Tidak ketinggalan, para asisten, Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha, para Kepala Seksi, dengan didampingi istri masing-masing, juga melakukan hal yang sama.

Menurut Kajati, ziarah ke makam pahlawan merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan jelang HBA yang jatuh di setiap tanggal 22 Juli. Untuk Kejati Riau, selalu dilakukan di TMP Kusuma Dharma Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman.
"Jadi kita setiap tahun pada perayaan HBA selalu ke taman makam pahlawan,": Kajati Uung kepada Haluan Riau usai kegiatan.

Dalam kegiatan itu, kata Kajati, insan Adhyaksa Riau melakukan penghormatan kepada arwah para pahlawan. Tidak ketinggalan, seluruh peserta ziarah juga memanjatkan doa. "Intinya kita untuk refleksi dan merenungkan bahwa kita sampai seperti ini pun berkat jasa-jasa pahlawan," sebut Kajati.

Tidak hanya itu, jelang HBA ke-59 tahun 2019 ini, sejumlah kegiatan juga telah dilaksanakan. Seperti kegiatan pasar murah dan donor darah, serta anjangsana atau mengunjungi purnawirawan Kejaksaan dan panti asuhan. Berikutnya, juga telah dilaksanakan Pekan Olahraga (POR) yang diselenggarakan di halaman kantor sementara Kejati Riau Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru. POR tersebut diikuti pegawai Kejati, Kejari Pekanbaru, Kejari Kampar, dan Kejari Pelalawan.

Turut memeriahkan HBA, juga dilaksanakan pertandingan eksebisi futsal antara Forum Wartawan Kejati (Firwaka) dengan unsur pimpinan Kejati Riau. "Senin pagi kita upacara peringatan HBA ke-59. Dan sebelumnya kita juga telah melaksanakan kegiatan-Kegiatan bakti sosial, anjangsana, lomba-lomba internal Kejaksaan," imbuh Kajati. "Ucapara bakal digelar di kantor baru (Kejati Riau di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru,red)," pungkas Kajati Riau, Uung Abdul Syakur.(dod)

Editor: redaktur haluan

Tags

Terkini

6 Personel Polda Riau Raih Penghargaan Medali PBB

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:21 WIB

Kota Pekanbaru Masuk Penilaian Adipura 2022

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:01 WIB
X