Riau Raih 7 Besar STQ Nasional

- Senin, 8 Juli 2019 | 10:56 WIB
download (7)
download (7)

 

PEKANBARU (HR)- Untuk pertama kalinya Provinsi Riau berhasil meraih prestasi terbaik, pada perhelatan Seleksi Tilawah Quran (STQ) tingkat Nasional ke XXV dengan menduduki peringkat ke 7 Nasional di Pontianak Kalimantan Barat.

Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie, menjelaskan keberhasilan Kafilah Riau mencapai 10 besar pada STQ tahun ini belajar dari pengalaman Riau yang gagal total saat STQ di Kalimantan Utara pada tahun 2017. "Alhamdulillah hasil akhir STQ Nasional di Pontianak, Kafilah Riau menduduki peringkat 7 Nlnasional dengan perolehan enam poin. Pengalaman saat itu menjadikan kita fotkus melakukan upaya pembinaan terhadap nomor-nomor pertandingan yang memungkinkan bisa kita raih, terutama di bidang Tahfiz dan Hadist. Alhamdulillah tahun ini hasilnya meningkat," ujar Ahamd Syah, Sabtu (6/7).

Mantan Pj Bupati Bengkalis ini mengatakan, untuk Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional, Provinsi Riau sudah biasa masuk urutan 5 atau 6 besar. Namun kalau STQ, Riau tidak pernah masuk 10 besar. "STQ kita tak pernah 10 besar, ini baru yang pertama kali. Yang hebat lagi, yang selama ini Provinsi Kepulauan Riau biasa masuk 10 besar, tahun ini tidak masuk sama sekali," katanya.

Sementara itu, Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar memberikan bonus kepada Hafiz dan Hafizah yang berhasil meraih juara STQ Nasional di Pontianak. Gubri berharap prestasi para anak asli Riau tersebut dapat diikuti oleh peserta lain yang belum mendapatkan prestasi. "Alhamdulillah anak-anak kita berhasil meraih prestasi di STQ Pontianak. Prestasi STQ ini ada peningkatan. Dimana sebelumnya kita tidak pernah mendapat juara," ujar Syamsuar.

Pemberian bonus atau jasa prestasi ini sebagai bentuk motivasi agar peserta lain tampil lebih baik. Bagi peserta yang juara 2 di STQ Nasional mendapat bonus sebenar Rp20 juta. Kemudian Harapan I Rp10 juta, Harapan II Rp7,5 juta dan Harapan III Rp5 juta.

Berikut nama-nama Hafiz dan Hafizah yang meraih juara di STQ Nasional Pontianak, Bayu Wibisono, Rohul, Juara 2 Tahfiz 10 Juz Putra, Rizki Indah Lestari, Siak, Juara 2 Tahfiz 10 Juz Putri, Nur Azima, Kampar, Harapan 1 Tahfiz 1 Juz Putri.

Alfianti, Bengkalis, Harapan 2 Tahfiz 1 Juz Putri, Muhd Anugrah Rizky, Pekanbaru, Harapan 2 500 Hadits Putra, Qifma Wardatul Jannah, Pekanbaru, Harapan 2 500 Hadits Putri, Faoqul Halim, Dumai, Harapan 3 Tahfiz 1 Juz Putra.(nur)

Editor: redaktur haluan

Tags

Terkini

X