Camat Tampan : Saya sudah sering larang

- Senin, 8 Juli 2019 | 10:47 WIB
download (4)
download (4)

 

PEKANBARU (HR)- Camat Tampan Liswarti, mengakui keberadaan Pedagang Kaki Lima di sekitar Jalan Soebrantas, menjadi pemicu terjadinya kemacetan. Pelarangan terhadap aktivitas itu sudah sejak lama diperingati pihaknya, bahkan secara pribadi setiap dia melewati jalan itu juga sering melarangnya.

"Saya sudah sering larang aktivitas berjualan di situ, tapi PKL terus beralasan mengatakan untuk mencari makan," kata Liswarti.

Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal itu sudah memfasilitasi para PKL untuk berjualan di tiga tempat di wilayah Tampan, di antaranya di Pasar Panam, Giant dan Pasar Purwodadi. Namun mereka tetap tidak menghiraukan imbauan untuk berjulan di tiga tempat resmi yang sudah disiapkan itu, bahkan miris PKL juga membuang sampah ke dalam parit dengan alasan tak ada tempat lagi.

Ditanyakan, bagaimana upaya yang akan dilakukan agar PKL tidak kembali berjualan di sekitar jalan yang dilarang pasca penertiban dilakukan Satpol PP belum lama ini, Liswarti, mengatakan mengajak pihak RT/RW untuk turun berperan memperhatikan persoalan tersebut. "Kami minta pihak RT/RW termasuk lurah di Tampan ini untuk turut memperhatian persoalan PKL yang sudah menjadi keluhan sejak lama ini. Di Tampan ini ada 744 RT dan 137 RW, mari sama- sama awasi wilayahnya masing- masing, karena sekarang sudah mulai musim hujan, waspada banjir. Kalau PKL masih bandel juga tetap berjulan kita akan sanksi sesuai Perda berkoordinasi dengan dinas dan badan terkait," tandasnya.

Terkait persoalan sebelumnya, Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, tegas mengatakan, Camat Tampan harus berperan dalam upaya penertiban PKL. Memandang masih banyaknya lapak PKL yang berdiri di pinggir-pinggir Jalan Soebrantas bahkan miris didirikan di atas drainase tak jauh dari Kantor Lurah Simpang Baru."Jadi pemimpin wilayah harus ikut menjaga ketertiban di kawasannya, kemarin kan sudah ditertibkan Satpol, maka, tugas camat untuk mengawasi agar PKL tidak berjualan lagi,"tegas Ayat, belum lama ini.(her)

Editor: redaktur haluan

Tags

Terkini

M Sabarudi Dilantik Jadi Ketua DPRD Kota Pekanbaru

Selasa, 21 Juni 2022 | 16:45 WIB

Pansus LKPj Tanggapi Laporan Wali Kota Pekanbaru

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:15 WIB

Upaya Tirta Siak Dalam Pipa di Jalan Melur Ujung

Jumat, 17 Juni 2022 | 13:52 WIB
X