Masih Banyak Kedai Kopi Buka Siang Hari

- Rabu, 8 Mei 2019 | 19:42 WIB
IMG-20190508-WA0049
IMG-20190508-WA0049


PEKANBARU (HR)-Hingga hari ketiga puasa Ramadan, masih saja ditemukan warung kopi, warung makan dan sejenisnya buka pada siang hari di Kota Pekanbaru. Terang hal ini melanggar instruksi Wali Kota Pekanbaru terkait jam operasional tempat usaha tersebut.





Pantauan haluanriau.co, terdapat beberapa tempat usaha yang ditemukan buka pada siang hari. Di antaranya, di Jalan Setia Budi, Jalan Harapan Raya, Jalan Belimbing, Jalan Dr Sutomo, dan masih ada beberapa lagi.





Kasatpol PP Pekanbaru, Agus Pramono, tak menampik hal itu. Kata dia, sejak awal Ramadan pihaknya rutin melakukan razia terhadap tempat usaha yang disebutkan di atas sekaligus memberi surat instruksi dari Wali Kota Pekanbaru.





"Sistemnya, surat kita sampaikan dan tempat usaha langsung kita tutup. Tiap hari mulai dari awal Ramadan kemarin memang masih ada yang berani buka. Tunggu saja, kita tertibkan itu," ujar Agus, Rabu (8/5).





Jika surat instruksi telah diberikan kepada pelaku usaha namun masih tetap nekat beroperasi, mereka siap menerima surat peringatan sampai tiga kali. Masih tetap juga, Satpol PP tak segan menyita fasilitas pendukung di usaha kedai kopi atau warung makan tersebut.





"Boleh buka, tapi urus izin ke DPM-PTSP. Jelaskan kalau usaha itu khusus untuk non muslim. Kalau tidak, kami tertibkan. Kita tidak main-main sampai penyitaan barang fasilitas. Bukan hanya di lokasi terbuka, kami juga akan datangi mal-mal," tegas Agus Pramono.





Seperti diketahui Pemerintah Kota  Pekanbaru sudah menerbitkan instruksi pelaksanaan kegiatan selama Ramadan pada tahun ini.





Pelaku usaha harus menjalankan usaha sesuai keputusan Wali Kota Pekanbaru Nomor : 377 tahun 2019 tanggal 3 Mei 2019, tentang Pengaturan Waktu Operasional Tempat Usaha Selama Bulan Ramadan 1440 H.





Ada sembilan poin dijelaskan dalam surat instruksi tersebut. Pertama, semua bentuk hiburan umum karaoke, pub dan diskotik ditutup selama bulan suci Ramadan. Namun ada pengecualian terhadap hotel berbintang yang memiliki fasilitas khusus tamu menginap di hotel. Fasilitas ini hanya bisa buka pukul 21.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB.

Halaman:

Editor: Dodi Ferdian

Tags

Terkini

Menuju Herd Immunity, UNRI Vaksinasi 3.000 Peserta

Rabu, 22 September 2021 | 20:28 WIB
X