Perkuat Komitmen Ramah Lingkungan, Toyota Perkenalkan Kijang Innova EV Concept dengan Standar Emisi Euro 4

- Jumat, 1 April 2022 | 15:34 WIB
Kijang Innova EV Concept (Nie/HRC)
Kijang Innova EV Concept (Nie/HRC)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Sebagai bentuk komitmen terhadap kebijakan Pemerintah Indonesia mendorong teknologi ramah lingkungan di sektor otomotif, PT Toyota-Astra Motor melalui ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 memperkenalkan Kijang Innova EV Concept yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik sebagai penggerak.

Tidak hanya itu, TAM secara resmi juga mengumumkan, mulai April 2022 semua tipe kendaraan Toyota yang menggunakan bahan bakar diesel telah memenuhi standard emisi Euro 4.
 
“Kehadiran Kijang Innova EV Concept menjadi bukti bahwa Toyota sangat memperhatikan dan mendukung kebijakan Pemerintah dalam membangun ekosistem yang ramah lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia ke depannya,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, hari ini.

Memasyarakatkan penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia sudah menjadi perhatian Toyota sejak lama. Sejak 2009 lalu, Toyota mulai memperkenalkan mobil ramah lingkungan dengan mendatangkan Toyota Prius berteknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV). Prius adalah kendaraan elektrifikasi pertama yang diproduksi secara komersial di pentas otomotif global sehingga menjadi pionir kendaraan ramah lingkungan dunia.

Baca Juga: Keluarga Besar Kesbangpol Inhil Melepas Purna Tugas ASN yang Telah Pensiun

Menyusul kehadiran Prius HEV, Toyota memperkuat jajaran kendaraan elektrifikasi dengan mendatangkan berbagai model lainnya, termasuk yang menggunakan teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Battery Electric Vehicle (BEV).

Kehadiran kendaraan elektrifikasi di Indonesia juga mendapat respon yang positif. Hingga saat ini, secara total Toyota Indonesia telah memiliki 11 model kendaraan elektrifikasi. Melalui berbagai model tersebut, Toyota telah berhasil menjual lebih dari 5.800 unit kendaraan elektrifikasi di Indonesia dan diperkirakan memberi kontribusi terhadap pengurangan emisi CO2 sekitar 15.000 ton.

Di samping terus memperbanyak kehadiran model kendaraan, guna meningkatkan sosialisasi dan memasyarakatkan pemasaran kendaraan ramah lingkungan, sejak April 2021 Toyota juga mengimplementasikan program EV Smart Mobility di kawasan pariwisata Nusa Dua, Bali.

Melalui program ini, Toyota menyediakan 30 unit kendaraan elektrifikasi yang terdiri dari atas 20 unit Toyota COMS berbasis Battery Electric Vehicle (BEV), 5 unit Toyota C+pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV untuk bisa disewa oleh wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dewata.

Meski terkendala pandemi Covid-19, jumlah rombongan maupun wisatawan perorangan yang memanfaatkan program ini tergolong besar. Sejak diluncurkan pada 31 Maret 2021 yang bertepatan dengan 50 tahun Toyota Indonesia, jumlah rombongan wisatawan yang memanfaatkan program ini lebih dari seribu orang dengan total perjalanan sejauh lebih dari 75 ribu km. Dari penggunaan sepanjang itu, kontribusi pengurangan emisi CO2 diperkirakan mencapai 7,8 ton.

Melihat respon yang besar dan positif tersebut, pada tahun 2022 ini Toyota merencanakan untuk memperluas program EV Smart Mobility ke kawasan destinasi wisata yang lainnya, yaitu di wiilayah Toba, Sumatera Utara.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cerita Pengalaman Juara Dunia Mekanik Isuzu

Rabu, 16 Maret 2022 | 20:54 WIB

Honda Supra X 125 Hadir dengan Desain Terbaru

Jumat, 4 Maret 2022 | 18:20 WIB

Yamaha Fazzio Hybrid-Connected Mengaspal di Pekanbaru

Minggu, 13 Februari 2022 | 09:36 WIB
X