Mobil Listrik Hyundai Siap Ramaikan Industri 4.0: Indonesia Jadi Hub Ekspor Utama Mobil Listrik di ASEAN

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:09 WIB
Hyundai (twitter Fotoprofil @hyundai)
Hyundai (twitter Fotoprofil @hyundai)

HALUANRIAU.CO, OTOMOTIF - Pabrik Hyundai di Bekasi bakal mulai memproduksi mobil listrik pada Maret 2022, menurut pernyataan Kementerian Perindustrian, Senin (26/10/2021). Pada tahap awal Hyundai disebut akan memproduksi 1.000 unit mobil listrik per tahun.

Menperin Agus Gumiwang menyampaikannya saat menghadiri pembukaan pameran “The Future Electric Vehicle Ecosystem for Indonesia” di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta. Selasa (26/10/2021).

“Produksi kendaraan listrik ini tentunya menjadi showcase kapabilitas industri otomotif Indonesia yang juga bergerak ke arah industri yang ramah lingkungan,” ujar Agus.

Agus Gumiwang berpesan agar perusahaan menerapkan teknologi Industri 4.0 di seluruh lini produksi, serta melibatkan IKM sebagai bagian dari global supply chain perusahaan.

Baca Juga: Pemkab Siak Berduka, Kadisdik Lukman Tutup Usia

Hyundai telah mendirikan pabrik di GIIC Deltamas Cikarang, Bekasi, Jawa Barat yang pembangunannya sudah dilakukan sejak tahun lalu. Pabrik ini adalah salah satu wujud komitmen investasi Hyundai Motor Company sebesar USD1,55 miliar yang akan dikucurkan hingga 2030.

Pabrik perakitan kendaraan itu memiliki kapasitas produksi 150 ribu unit per tahun, namun bisa ditingkatkan jika dibutuhkan.

Hyundai dan pemerintah sudah berulang kali mengatakan mobil listrik dari pabrik itu bakal lahir pada Maret 2022, namun baru kini diketahui jumlahnya sebanyak 1.000 unit per tahun yang berarti kurang dari 1 persen kapasitas total produksi.

Agus Gumiwang bahkan ingin Hyundai Indonesia mendirikan akademi atau politeknik yang lulusannya menjadi pekerja dengan kemampuan sesuai kebutuhan industri hingga purnajual mobil listrik.

Baca Juga: Brian Putra Bastara Resmi Nahkodai HIPMI Sumbar 2021-2024, Terinspirasi Sosok Pengusaha Minang Basrizal Koto

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: kontan.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pensiun dari MotoGp, Rossi Sebut karena Faktor Usia

Jumat, 29 Oktober 2021 | 11:26 WIB

Pensiun, Valentino Rossi Alami Paranoid

Selasa, 12 Oktober 2021 | 22:40 WIB
X