Posisi D Tidak Baik Digunakan Terus-Menerus saat Bawa Mobil Matik

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 16:00 WIB
Ilustrasi mobil matik. (Pixabay/Autoknipser)
Ilustrasi mobil matik. (Pixabay/Autoknipser)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Salah satu kemudahan dalam mengemudi mobil yakni dengan transmisi matik. Anda cukup menggeser tuas transmisi ke D, pengemudi tinggal atur gas dan mainkan rem mobil sudah bisa jalan.

Namun ini memiliki kekurangan seperti, melintasi jalan menanjak.

Oleh karenanyaa, penggawa bengkel spesialis mobil matik Worner Matic, Hermas Prabowo mengatakan, dalam praktiknya memang bisa dengan transmisi D. Khususnya jika medan jalan menanjak yang panjang dan tidak terlalu curam.

Terlebih lagi matik konvensional AT, ketika pengemudi menginjak pedal gas saat menanjak, yang terjadi rasio giginya membaca putaran mesin lebih tinggi dari lajunya. Sehingga bisa berpindah langsung turun sendiri giginya baik dari D ke 3 atau 2.

Baca Juga: Studi Ini Jabarkan Manfaat Vitamin D guna Cegah Kanker Payudara

"Tapi tentunya membuat berkendara jadi tidak nyaman, anjut-anjutan. Maka dari itu agar menanjaknya bisa lancar sebaiknya langsung turun gigi ke yang lebih rendah," katanya dilansir dari kumparan beberapa waktu lalu.

Hal ini dilakukan guna mobil tak kehilangan tenaga dan momentum ketika menanjak. Sebab, ketika melakukan perpindahan ke gigi yang lebih rendah, ini akan membuat momentum kehilangan torsi yang berakhir mobil kehilangan tenaga dan mengalami kesulitan menanjak.

Nah, untuk menerjang tanjakan dengan mobil matik, bisa gunakan tahapan yang sama seperti mobil manual. Yakni berpindah-pindah pakai gigi rendah supaya torsi dan tenaga bisa membantu mobil nanjak.

Baca Juga: Satresnarkoba Polres Rohil Sergap Kediaman Petani Sawit, Temukan Sabu 1,59 Gram

Sayangnya, Hermas menambahkan, banyak pengemudi matik yang masih ragu dan bingung. Pemahaman pengemudi mengenai mobil matik hanya sebatas injak gas dan rem, tidak disertai dengan teknik menanjak yang tepat.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pensiun dari MotoGp, Rossi Sebut karena Faktor Usia

Jumat, 29 Oktober 2021 | 11:26 WIB

Pensiun, Valentino Rossi Alami Paranoid

Selasa, 12 Oktober 2021 | 22:40 WIB
X