Mahasiswa Kukerta UNRI 2022 Bantu Pasarkan Produk Unggulan Desa Salo Timur 'Daun Kelor' Berbasis E-Marketing

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:05 WIB
 (Istimewa)
(Istimewa)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Desa Salo Timur merupakan desa yang berada di wilayah administratif Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Riau.

Desa Salo Timur sendiri merupakan hasi pemekaran dari wilayah Dusun Koto Meranti yang dimana desa baru ini memiliki luas wilayah 10.983,47 km² (data BPS 2021) dengan jumlah 1130 KK.

Desa Salo Timur sendiri adalah desa dengan mayoritas penduduknya bekerja sebagai wiraswasta dan petani dengan kebun kelor terbesar se-Kecamatan Salo ini berpotensi besar untuk memajukan perekonomian masyarakat sekitar.

Oleh karena itu, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Desa Salo Timur, Mahasiswa Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Riau 2022 berdiskusi dengan masyarakat setempat, dapat diketahui bahwa salah satu yang menjadi kurang berkembangnya UMKM tersebut adalah kurangnya pemasaran produk. Maka dari itu Mahasiswa Kukerta sepakat untuk ikut serta dalam meningkatkan UMKM Rumah Produksi daun kelor (Dapur Aru) di bidang pemasaran dengan membuat linkee, email serta blog untuk UMKM Rumah produksi Daun Kelor Desa Salo Timur, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar.

Berlokasi di posko mahasiswa kukerta Desa Salo Timur, Mahasiswa Kukerta mulai merancang strategi pemasaran yang bersifat e-marketing untuk membantu memajukan UMKM Daun Kelor di Desa Salo Timur.

Pada, Minggu (7/8/2022), Mahasiswa Kukerta terjun langsung ke lokasi rumah produksi daun kelor (Dapur Aru) milik Ibu Nurhidayah. yang bertempat di Jalan Lukman Desa Salo timur.

Dapur Aru ialah rumah produksi daun kelor yang berdomisili di Desa Salo Timur.

Bahan baku kelor Dapur aru sendiri didapat dari kelompok wanita tani warga desa. Dapur aru memproduksi banyak produk yang berasal dari daun kelor, mulai dari coklat, sabun, serum, abon dan lain sebagainya.

(Istimewa)
Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi di buidang pemasaran, mahasiswa Kukerta mengenalkan Linkee kepada ibu Nurhidayah Sari selaku pemilik UMKM Dapur Aru.

Linkee adalah tool yang bermanfaat bagi pebisnis untuk menambahkan banyak link menjadi satu. Dengan satu link saja, sudah bisa memuat banyak link e-commerce yang disediakan oleh UMKM seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, Tokopedia dan lain sebagainya. Linkee ini sangat membantu customer untuk memesan produk tanpa perlu susah mencari kontak yang harus dihubungi.

Tak hanya Linkee, Mahasiswa Kukerta membuatkan e-mail khusus untuk Dapur aru agar memperlancar kegiatan pemasaran melalui e-marketing ke depan nya. Lalu, mahasiswa Kukerta juga membuatkan blog yang di upload di media massa, blog ini berguna untuk mengenalkan lebih jauh kepada orang banyak tentang Rumah Produksi Daun Kelor (Dapur Aru) Di Desa Salo Timur ini.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perempuan, Pernikahan, dan Umur

Rabu, 29 Juni 2022 | 15:37 WIB

Hidup Sehat, Mental Sehat?

Selasa, 28 Juni 2022 | 14:19 WIB

7 Tips Motor Tetap Prima Setelah Mudik Lebaran

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:07 WIB
X