Perempuan, Pernikahan, dan Umur

- Rabu, 29 Juni 2022 | 15:37 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Nurul Ardilla, S.I.Kom

Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Riau

HALUANRIAU.CO, OPINI - Manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan serta ketergantungan antara manusia satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu, manusia diciptakan berpasangan antara pria dan juga wanita. 

Dari sisi agama, khususnya islam, menikah merupakan penyempurnaan separuh agama. Dari sisi psikologi, manusia membutuhkan pasangan hidup yang bisa menjadi pembimbing, sahabat, dan penasehat.

Masyarakat Indonesia dibeberapa wilayah memiliki standar usia pernikahan tersendiri, khususnya terhadap perempuan. Umumnya, masyarakat di Indonesia menganggap usia ideal perempuan untuk menikah ada pada umur 23-27 tahun. 

Pemberian standar usia tersebut akhirnya membentuk stigma di masyarakat Indonesia saat ini, apabila sudah menginjak usia 25 tahun sering dianggap sebuah “usia rawan”.

Baca Juga: Antisipasi Virus PMK, Pemkab Inhu Bentuk Gugus Tugas

Hal ini tentunya didasari oleh pengalaman orang tua terdahulu yang cenderung menikah diusia dini, yang sedikit banyaknya merupakan hasil perjodohan dan pengenalan singkat.

Ini juga didukung oleh pendapat beberapa ahli yang meneliti serta mengobservasi dan menyatakan bahwa perempuan cenderung lebih siap baik secara emosional, fisik, mental, maupun finansial untuk menikah

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perempuan, Pernikahan, dan Umur

Rabu, 29 Juni 2022 | 15:37 WIB

Hidup Sehat, Mental Sehat?

Selasa, 28 Juni 2022 | 14:19 WIB

7 Tips Motor Tetap Prima Setelah Mudik Lebaran

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:07 WIB

Seberapa Penting Etika Bisnis Dalam E-Commerce

Rabu, 19 Januari 2022 | 10:31 WIB

Etika Bisnis Dalam E -Commerce Pada Merek Dagang

Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:29 WIB
X