Catat! 5 Jenis Relasi Bisnis yang Dibutuhkan untuk Mengembangkan Usahamu Makin Maju

- Kamis, 2 Juni 2022 | 22:20 WIB
Relasi Bisnis (Pixabay.com)
Relasi Bisnis (Pixabay.com)

Jenis relasi bisnis ialah hubungan yang memberikan keuntungan dan dapat berujung pada kesuksesan. Tak hanya kesuksesan bagi pelaku bisnis, melainkan juga rekan atau relasinya di berbagai bidang.
Simak beberapa jenis relasi bisnis berikut ini, yuk!

Baca Juga: https://riau.harianhaluan.com/opini/pr-113468074/perlu-tahu-ini-6-alasan-utama-yang-harus-diketahui-pemula-agar-bisnis-pantang-gagal

1. Relasi kemitraan perusahaan
Dalam mengembangkan bisnis diperlukan relasi kemitraan dengan perusahaan lain. Relasi kemitraan ini penting karena usaha kecil biasanya masih kesulitan menemukan atau menjangkau pelanggan baru. Menjalin relasi dengan pemilik bisnis lain merupakan cara yang tepat menjangkau pelanggan dari yang sudah ada. Pelanggan juga akan lebih percaya pada bisnismu, lantaran kamu bermitra dengan usaha yang sudah terpercaya pula.

2. Relasi dalam keuangan
Kedua, yaitu menjalin relasi bisnis dalam hal keuangan dengan perencana atau penasihat keuangan. Sebagai pemilik usaha, kamu tentu ingin memahami masalah keuangan bisnis sejak awal. Dengan bantuan ahli, kamu bisa membuat keputusan keuangan yang baik terkait pendapatan usaha, pengeluaran, dan manajemen finansial.

3. Mentor
Relasi bisnis lainnya yang dapat membantumu mengembangkan usaha adalah menjalin hubungan dengan mentor. Milikilah mentor bisnis yang baik, entah seorang pengusaha sukses atau rekan yang sudah lebih dulu berhasil dalam usahanya. Seorang mentor akan memberikan wawasan yang memungkinkanmu menghindari kesalahan besar dalam memajukan usaha. Kamu bisa berkaca dari kesalahan bisnis yang pernah dilakukan mentor di masa lalu dan bagaimana ia mengatasinya.

4. Relasi dengan pelanggan dan karyawan
Relasi bisnis berikutnya hendaknya kamu jalin antara kamu dengan karyawan dan pelanggan. Ingat, karyawan adalah orang-orang yang membantumu menjalankan usaha dan bersama-sama mewujudkan tujuanmu. Sementara pelanggan juga punya jasa memajukan usahamu dengan kepercayaan mereka terhadap produk/jasa yang kamu tawarkan.

Baca Juga: https://riau.harianhaluan.com/opini/pr-112407229/seberapa-penting-etika-bisnis-dalam-e-commerce

5. Relasi dengan kompetitor
Barangkali, kompetitor adalah orang terakhir yang ingin kamu ajak menjalin relasi atau kemitraan. Padahal, kenyataannya justru hubungan dengan pesaing bisa membantu menginspirasimu membangun bisnis menjadi lebih baik. Dari mereka, kamu bisa melakukan inovasi ketika kompetitor menciptakan sesuatu yang baru.


Jika kamu menemukan bahwa kompetitor mendapatkan pangsa pasar, itu dapat mendorongmu bekerja lebih keras dan mengambil kembali pelanggan tersebut.
Jika melihat kompetitor gagal dalam skala besar, itu dapat memberimu wawasan tentang apa yang tidak boleh dilakukan dengan bisnis yang bergerak maju.


Intinya, persaingan yang sehat dapat mendorong kamu untuk tumbuh, berkembang, berinovasi, dan mengelola bisnis dengan lebih baik.

Kira-kira, itulah beberapa jenis relasi bisnis yang perlu kamu bangun dan jaga, ya

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/opini/pr-113466092/perlu-coba-berikut-10-tips-sukses-membangun-bisnis-online-bagi-pemula-capai-kebebasan-finansial

Editor: Ayu Wiharyati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perempuan, Pernikahan, dan Umur

Rabu, 29 Juni 2022 | 15:37 WIB

Hidup Sehat, Mental Sehat?

Selasa, 28 Juni 2022 | 14:19 WIB

7 Tips Motor Tetap Prima Setelah Mudik Lebaran

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:07 WIB

Seberapa Penting Etika Bisnis Dalam E-Commerce

Rabu, 19 Januari 2022 | 10:31 WIB

Etika Bisnis Dalam E -Commerce Pada Merek Dagang

Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:29 WIB
X