TAJAM KE ATAS, HUMANIS KE BAWAH - ROULI RAJAGUKGUK (Pemerhati Masalah Hukum)

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 13:06 WIB
Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin
Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Dulu kita sering kali mendengar ketimpangan putusan-putusan hukum yang terjadi di republik ini, dimana masyarakat bawah sering kali dibuat tidak berdaya jika menghadapi masalah hukum. Mereka hanya bisa pasrah, dan akan mendapatkan sanksi sosial negatif di tengah masyarakat.

Begitulah kira-kira gambaran singkat tentang penyelesaian masalah hukum yang terjadi, dan menyebabkan sisi negatif pada sebuah lembaga hukum di republik ini. Tapi, itu dulu loh.

Bagaimana yang sekarang ini? Sekarang sangat jauh berbeda. Saya ingin mengambil contoh pada lembaga Kejaksaan RI, yang mempunyai terobosan baru dalam menyelesaikan permasalahan hukum di tengah masyarakat umum.

Pada penyelesaian kasus hukum yang ditangani oleh Kejaksaan-Agung">Kejaksaan Agung RI sekarang ini bukan hanya mengedepankan dari tuntutan hukuman, tapi juga dilakukan proses mediasi antara pelaku kejahatan dan korban kejahatan.

Saya coba mencontohkan pada sebuah kasus nyata yang terjadi di Kejaksaan.

Misalnya si A terpaksa mencuri dikarenakan si A harus membatu kesembuhan Ibunya. Si A juga sudah menjadi tulang punggung keluarga yang harus berjuang menghidupi keluarganya dan baru pertama kali mencuri.

Karena si A ini baru pertama kali melakukan kejahatan dan menyesali perbuatannya di hadapan penegak hukum dalam hal ini Kejaksaan, maka Jaksa akan melakukan mediasi terhadap korban kejahatan si A.

Di sinilah letak penyelesaian hukum yang sangat humanis dilakukan oleh Kejaksaan-Agung">Kejaksaan Agung RI.

Jika si korban memaafkan kesalahan si A, dan si A berjanji tidak akan melakukan perbuatannya lagi, maka si A akan dibebaskan dari tuntutan hukuman.

Penanganan penyelesaian hukum yang seperti inilah yang diinginkan oleh masyarakat luas, khususnya bagi mereka yang menginginkan keadilan di republik ini.

Halaman:

Editor: Dodi Ferdian

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Tips Motor Tetap Prima Setelah Mudik Lebaran

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:07 WIB

Seberapa Penting Etika Bisnis Dalam E-Commerce

Rabu, 19 Januari 2022 | 10:31 WIB

Etika Bisnis Dalam E -Commerce Pada Merek Dagang

Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:29 WIB

SIM Kamu Asli atau Palsu? Berikut Ciri-Cirinya

Rabu, 12 Januari 2022 | 20:07 WIB

Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Diplomasi Digital

Jumat, 31 Desember 2021 | 15:07 WIB
X