Pentingnya Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan Dalam Akuntansi Keperilakuan

- Minggu, 23 Januari 2022 | 19:19 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Penulis :

Nadila Ramadhania Putri – 180301257
Yulana Desilfa – 180301312
Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Pengambilan keputusan merupakan hal sering terjadi dalam kehidupan baik dalam keseharian maupun dalam berorganisasi, meskipun hal ini adalah sesuatu yang biasa, namun pengambilan keputuasan memiliki peran yang krusial, karena akan menentukan hal apa yang terjadi di kemudian hari.

Agar keputusan yang dihasilkan tepat maka pengambilan keputusan harus didasari oleh langkah-langkah berikut, Yakni Pengenalan dan pendefinisian atas suatu masalah atau suatu peluang, dimana langkah ini merupakan awal dari pengambilan keputusan, karena merupakan identifikasi terhadap suatu masalah atau kesempatan yang di bayangkan dan diperlukan informasi yang sebanyak-banyaknya.

Lalu Pencarian atas Tindakan alternatif dan kuantifikasi atas konsekuensinya, setelah di lakukan identifikasi masalah, hal yang selanjutnya dilakukan adalah mencari Tindakan alternatif dari pengambilan keputusan tersebut serta memperhitungkan konsekuensi atau akibat yang mungkin akan timbul.

Kemudian Pemilihan alternatif yang optimal, pada tahap ini merupakan tahap yang krusial, karena pada tahap ini memungkinkan muncul pilihan rasional, pilihan terakhir sering didasarkan pada pertimbangan politik dan psikologis daripada fakta ekonomi.

Selanjutnya langkah penerapan dan tindak lanjut, setelah dilakukan ke 3 langkah di atas, yang harus dilakukan selanjutnya adalah penerapan dan tindak lanjut dari pengambilan keputusan tersebut, kegagalan atau kesuksesan dari suatu keputusan sangat bergantung pada penerapannya.

Pengambilan keputusan adalah suatu proses pemilihan alternatif yang terbaik dan sistematis untuk digunakan dalam pemecahan masalah untuk mencapai suatu tujuan baik untuk pribadi maupun organisasi.

Berdasarkan hal diatas dapat disimpulkan bahwa Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan dalam Akuntansi Keperilakuan merupakan hal yang sangat penting untuk di identifikasi dan diperhatikan karena merupakan suatu penentu untuk kedepannya, dan pengambilan keputusan yang dilakukan sesuai dengan langkah-langkah diatas akan meminimalisir kesalahan dan membuat kegiatan organisasi menjadi lebih efisien.

Halaman:

Editor: Akmal

Terkini

Perempuan, Pernikahan, dan Umur

Rabu, 29 Juni 2022 | 15:37 WIB

Hidup Sehat, Mental Sehat?

Selasa, 28 Juni 2022 | 14:19 WIB

7 Tips Motor Tetap Prima Setelah Mudik Lebaran

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:07 WIB
X