Seberapa Penting Etika Bisnis Dalam E-Commerce

- Rabu, 19 Januari 2022 | 10:31 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Penulis :

Ratih Fauziah -180301062
Yulana Desilfa -180301312

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Kenapa etika penting dalam E-commerce? Etika sangat berperan penting dalam e-commerce sebab zaman sekarang bisnis didunia teknologi berkembang dengan sangat pesat dan banyak menjadi perbincangan.

Apapun bisnis tujuan akhirnya adalah untuk mendapatkan keuntungan dengan cara membeli, menjual, memproduksi produk-produk baik barang atau pun jasa.

Etika bisnis dalam e-commerce itu penting untuk diperhatikan karena pada bisnis konvensional saja sangat banyak ditemukannya kendala dan permasalahan, apalagi bisnis e-commerce yang antara penjual dan pembelinya tidak bertemu secara langsung.

Bisnis juga memerlukan etika sebab dalam kegiatan bisnis harus mempertimbangkan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan. Dalam jangka pendek, bisnis yang tidak memperhatikan etika bisnis bisa jadi akan dapat keuntungan tetapi dalam jangka panjang biasanya bermasalah dan mendapatkan sanksi moral dari masyarakat.

Apa itu etika? Etika berasal dari kata Yunani ethos, yang dalam bentuk jamaknya (ta ethos) berarti adat istiadat atau kebiasaan. Dalam pengertian ini etika berkaitan dengan kebiasaan hidup yang baik, baik pada diri seseorang maupun pada suatu masyarakat atau kelompok masyarakat.

Etika bisnis dalam e-commerce memperlihatkan bahwa diperlukannya prinsip-prinsip yang jelas sehingga dapat membangun bisnis dalam e-commerce lebih dipercaya khususnya dalam hal ini adalah membangun kepercayaan (trust) konsumen melalui etika bisnis. Berikut ini adalah prinsip etika bisnis, yakni :

Halaman:

Editor: Akmal

Tags

Terkini

Perempuan, Pernikahan, dan Umur

Rabu, 29 Juni 2022 | 15:37 WIB

Hidup Sehat, Mental Sehat?

Selasa, 28 Juni 2022 | 14:19 WIB

7 Tips Motor Tetap Prima Setelah Mudik Lebaran

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:07 WIB
X