Pengaruh dari Diplomasi Twitter terhadap Aktor Internasional

- Minggu, 2 Januari 2022 | 12:40 WIB
Kenali 10 Akun Pengguna Twitter Pertama Asal Indonesia, Ada Yang Kamu Kenal?
Kenali 10 Akun Pengguna Twitter Pertama Asal Indonesia, Ada Yang Kamu Kenal?

HALUANRIAU.CO, OPINI - Pada masa sekarang tepatnya era globalisasi membuat orang bisa memperoleh berbagai macam informasi melalui internet terutama dalam media massa. Perkembangan teknologi dan komuniasi yang semakin canggih, membuat gaya atau model diplomasi juga semakin berkembang.

Melalui teknologi digital membuat diplomat dapat melaksanakan kegiatan diplomasi di tempat yang jauh. Banyaknya penggunaan Twitter oleh aktor-aktor dunia internasional dalam menggambarkan kebijakan luar negerinya menghasilkan istilah yang baru dalam hubungan internasional yaitu diplomasi twitter atau dikenal dengan Twiplomacy.

Kenapa Twitter menjadi platform dalam diplomasi? Hal ini dalam produk Twitter memiliki kemampuan penjangkauan yang ditergetkan jauh lebih luas, serta adanya kehadiran dari trending hastag (#) yang dapat membuat pengguna dari akun twitter bisa menandai postingan mereka ke percakapan lebih luas.

Dengan adanya hastag dapat membantu dari aktor internasional dalam menjangkau audiens yang lebih luas dengan cepat dan efektif.

Selain itu, aktor internasional dapat memastikan pengguna Twitter untuk melihat pesan yang mereka sampaikan melalui postingan ketika mereka mencari hastag tersebut, dan dalam Twitter juga memberikan layanan ‘trending’ melalui hastag yang banyak digunakan sehingga dapat dilihat oleh masyarakat internasional.

Menurut Choo dan Park (2011), Twitter saat ini telah menjadi platform multifungsi, dari dunia hiburan sampai kebijakan politik luar negeri.

Twitter menjadi perwakilan dari salah satu media komunikasi terpenting di dunia terutama dalam hubungan internasional. Pemakaian aplikasi Twitter dalam kegiatan diplomasi membawa perubahan dalam dimensi dan digitalisasi bagi hubungan internasional.

Dikarenakan, Twitter memiliki pengguna yang banyak membuat pemimpin dunia serta organisasi dunia membuat akun twitter mereka dalam mempromosikan kebijakan yang mereka miliki.

Eksisnya diplomasi twitter

Pada masa pandemi ini, pemerintah China terlihat sangat aktif dalam menggunakan paltform Twitter dalam mendukung kepentingan nasional mereka sebagai upaya dalam pembentukan citra positif serta membantah narasi yang mengarahkan mereka sebagai sumber dari wabah Covid-19.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Terkini

Perempuan, Pernikahan, dan Umur

Rabu, 29 Juni 2022 | 15:37 WIB

Hidup Sehat, Mental Sehat?

Selasa, 28 Juni 2022 | 14:19 WIB

7 Tips Motor Tetap Prima Setelah Mudik Lebaran

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:07 WIB
X