Peran Media Massa Dalam Memperkenalkan Budaya dan Meningkatkan Kerjasama Antar Negara

- Rabu, 22 Desember 2021 | 19:00 WIB
Wonderland Indonesia (net)
Wonderland Indonesia (net)

Oleh : Sri Nurul Wahyuni

(Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Riau)

HALUANRIAU.CO - Ada banyak cara yang dilakukan negara-negara dalam memperkenalkan budaya-budaya yang mereka miliki, salah satunya dengan memanfaatkan media massa. Media massa dikenal sebagai salah satu alat komunikasi yang sering digunakan dalam era global.

Media massa mengacu pada beragam teknologi. Tujuan media massa diciptakan, untuk menyampaikan dan memberi informasi-informasi yang ada, ke seluruh penjuru negeri di dunia.

Teknologi yang digunakan untuk mengirimkan informasi ini seperti telfon genggam yang memiliki berbagai aplikasi didalamnya, lalu ada radio, televisi dan masih banyak lagi.

Aplikasi-aplikasi dalam telfon genggam, music video, film atau drama-drama yang ditayangkan, merupakan sebuah karya yang sering digunakan dalam memperkenalkan budaya-budaya negara.

Media massa yang telah disebutkan diatas, diciptakan sebaik dan semenarik mungkin, bertujuan agar pesan-pesan yang ingin di sampaikan bisa diterima dengan jelas dan baik. Selain itu, peran media massa ini juga berfungsi pada kerjasama antar negara.

Ada beberapa negara yang memperkenalkan budayanya lewat musik, video, drama atau film, dan media massalah yang berperan penting dalam hal ini.

Berikut beberapa karya-karya yang diciptakan beberapa negara sebagai alat komunikasi untuk memperkenalkan budaya dan identitas negara sekaligus tempat terjadinya kerjasama antar negara.


Indonesia

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Tags

Terkini

7 Tips Motor Tetap Prima Setelah Mudik Lebaran

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:07 WIB

Seberapa Penting Etika Bisnis Dalam E-Commerce

Rabu, 19 Januari 2022 | 10:31 WIB

Etika Bisnis Dalam E -Commerce Pada Merek Dagang

Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:29 WIB

SIM Kamu Asli atau Palsu? Berikut Ciri-Cirinya

Rabu, 12 Januari 2022 | 20:07 WIB

Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Diplomasi Digital

Jumat, 31 Desember 2021 | 15:07 WIB
X