Chen Qingchen Dilaporkan ke BWF Usai Mengumpat Dalam Pertandingan Melawan Korea Selatan

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 19:11 WIB
Chen Qingchen wakil ganda putri China dalam Olimpiade Tokyo 2020  |  Sumber: www.genpi.co
Chen Qingchen wakil ganda putri China dalam Olimpiade Tokyo 2020 | Sumber: www.genpi.co

HALUANRIAU.CO, TOKYO - Keberatan terhadap salah satu pebulu tangkis China, Chen Qingchen, Asosiasi Bulu Tangkis Korea Selatan (Korsel) akan melayangkan protes resmi kepada Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) karena Chen Qingchen dianggap mengganggu jalannya laga dengan mengucap kata-kata 'kotor'.

Chen Qingchen yang berpasangan dengan Jia Yifan, merupakan ganda putri China yang dikalahkan pasangan Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, di final Olimpiade 2020 pada Senin (2/8). 

Setelah mengalami kekalahan di final, Chen Qingchen rupanya harus menghadapi Asosiasi Bulu Tangkis Korsel yang bakal mengajukan protes resmi kepada BWF atas aksi yang dilakukannya.

Laporan itu bermula dari laga antara Qingchen/Yifan melawan wakil Korsel, Kim So Yeong/Kong Hee-yong di babak semifinal Olimpiade 2020. Laga itu sendiri dimenangi pasangan China.

Dalam pertandingan itu Qingchen disebut kerap kali mengeluarkan umpatan saat mendapatkan poin. Ia disebut terdengar meneriakkan bahasa slang China yang populer yakni 'wocao' atau 'f**k' dalam bahasa Inggris.

Selepas laga, Qingchen lantas meminta maaf sambil memberikan penjelasan. Menurutnya, teriakan tersebut adalah bentuk untuk menyemangati dirinya sendiri dan bukan ditujukan kepada lawannya.

"Sejatinya teriakan itu hanya penyemangat untuk diri sendiri usai mendapatkan angka," ujar Qingchen.

"Saya tidak menyangka bahwa ucapan saya yang buruk mungkin menyebabkan kesalahpahaman bagi semua orang. Saya menjadi gugup. Terima kasih atas dukungan Anda. Saya juga akan menyesuaikan pengucapan saya," lanjutnya.

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Kumparan.com

Tags

Terkini

PSPS Riau Tambah Empat Pemain, Rekomendasi Japri Sastra

Kamis, 23 September 2021 | 16:53 WIB
X