Grup A: Profil Timnas Senegal, Lolos Lewat Drama, Masa Emas Bintangnya

- Selasa, 18 Oktober 2022 | 20:22 WIB
Timnas Senegal (voi)
Timnas Senegal (voi)

HALUANRIAU.CO, PIALA DUNIA 2022 - Timnas Senegal akhirnya lolos menjadi salah satu dari lima wakil dari zona CAF (Afrika) di Piala Dunia Qatar 2022.

Tim yang berjuluk Lions of Teranga tersebut berada di Grup A bersama sang tuan rumah Qatar, Ekuador serta semifinalis Piala Dunia 2010, Belanda.

Senegal bersama Mane, Koulibaly dan Mendy lolos ke Qatar setelah menyingkirkan Timnas Mesir yang dihuni mantan rekan setimnya di Liverpool, Salah lewat drama adu penalti. Setelah kalah 1-0 di leg pertama, Sadio Mane dan rekan-rekannya menang 1-0 dalam pertemuan kedua, 30 Maret lalu.

Pada adu 12 pas tersebut, Senegal berhasil menang dengan skor 3-1 dimana pada laga itu, Mohamed Salah gagal mencetak gol dari tendangan penalti.

Di satu sisi, Salah harus menyaksikan mantan rekan setimnya Mane, mencetak gol penentu kemenangan dalam adu penalti.

Bersama Tunisia, Ghana, Maroko serta Kamerun, Timnas Senegal tak bisa dianggap remeh meski baru dua kali tampil di Piala Dunia, yaitu pada edisi 2002 serta 2018.

Senegal membuat kejutan saat menjalani debutnya dengan berhasil sampai perempat final pada tahun 2002 lalu. Namun, setelah itu, mereka selalu gagal lolos ke putaran final dan baru kembali berlaga di turnamen ini untuk kali kedua pada 2018.

Akan tetapi, penampilan mereka di Piala Dunia Rusia 2018 atau tepatnya empat tahun lalu itu tidak secemerlang debutnya. Senegal menjadi negara pertama yang tersisih di babak penyisihan grup.

Klik di sini untuk mendapatkan voucher Pegadaian

Kali ini Timnas Senegal mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Selain karena diperkuat sejumlah pemain bintang sepak bola dunia, mereka juga baru saja menyabet trofi Piala Afrika 2021 yang digelar pada Februari 2022 lalu.

Di posisi penjaga gawang, Senegal memiliki Penjaga Gawang Chelsea, Edouard Mendy. Pemain berusia 30 tahun ini menjadi bagian dari skuad The Blues yang meraih trofi Liga Champions UEFA dan Piala Super UEFA pada 2021.

Berkat penampilannya yang luar biasa, serta keuletannya, Mendy dianugrahi penghargaan sebagai Penjaga Gawang Pria Terbaik FIFA pada Januari lalu. Namun demikian, dirinya kini kurang mendapatkan kepercayaan dari pelatih Chelsea saat ini, Graham Potter yang lebih mempercayai Kepa di pos mistar gawang.

Di lini depan, Sadio Mane menjadi pemain yang bisa diandalkan. Mantan bintang Liverpool yang kini memperkuat Bayern Munchen, baru-baru ini dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika untuk kali keduanya. Mane juga baru mendapatkan penghargaan Socreates Award (bagian dari malam penghargaan Balon d'Or) atas jasanya dibidang kemanusiaan.

Mane merupakan salah satu penyerang tercepat dengan kecepatan 34,84 kilometer per jam. Dengan kreativitasnya, dia akan menjadi ancaman di lini pertahanan lawan.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ziyech Isyaratkan Bakal Gabung MU Musim Depan?

Sabtu, 27 Mei 2023 | 10:43 WIB

Inter Milan Juara Coppa Italia 2022-2023

Kamis, 25 Mei 2023 | 07:30 WIB

Kim Min-jae Siap Dilepas ke Setan Merah

Minggu, 7 Mei 2023 | 20:31 WIB

PSG Sengaja Jebak Messi?

Jumat, 5 Mei 2023 | 01:21 WIB
X