Greysia Polii Didiskualifikasi di 2012, Raih Emas di Olimpiade Tokyo 2020

- Senin, 2 Agustus 2021 | 17:51 WIB

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Greysia Polii berhasil mempersembahkan medali emas bagi Indonesia. Bersama Apriyani Rahayu, Greysia berhasil mengalahkan wakil China, Chen Qingchen/Jia Yifan, pada final ganda putri badminton Olimpiade Tokyo 2020. Greysia Polii/Apriyani Rahayu tampil luar biasa ketika menghadapi Chen Qingchen/Jia Yifan di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Senin (2/8/2021) siang WIB.

Bagi Greysia Polii, medali emas badminton Olimpiade Tokyo 2020 sebagai upaya membayar kegagalanya sembilan tahun lalu. Pada Olimpiade London 2012, Greysia Polii yang saat itu berpasangan dengan Meiliana Jauhari mengalami keterpurukan karena didiskualifikasi.

"Begitu banyak orang, bukan hanya saya yang telah melalui kesulitan dan momen tak terlupakan juga," kata Greysia, Minggu (1/8/2021).

Namun, kenangan buruk di London sembilan tahun lalu itu tak membuat Greysia menyerah. Ia pun bertekad bangkit demi meraih prestasi.

"Saya kira Olimpiade London mengajari saya untuk tidak pernah menyerah pada impian Anda. Dan saya tahu saya tidak hanya mengatakannya, saya ingin bersungguh-sungguh. Setiap hari dalam hidup saya. Saya hanya benar-benar menjalani hari demi hari," imbuh Greysia.

Dari yang sembilan tahun lalu bernasib buruk, kini Greysia Polii mengukir sejarah dan mempersembahkan medali emas bagi Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020. Seusai mengalahkan Lee So-hee/Shin Seung-chan (Korea Selatan), untuk merebut tiket ke final ganda putri, nama Greysia Polii dan Apriyani Rahayu tercatat ke dalam buku sejarah.

Mereka adalah ganda putri Indonesia pertama yang berhasil menembus partai final Olimpiade. Sejarah yang mereka ukir semakin sempurna dengan kemenangan pada pertandingan final badminton Olimpiade Tokyo 2020. Medali emas tersebut juga semakin terasa spesial bagi Greysia Polii. Pada penampilannya yang ketiga di Olimpiade, pebulu tangkis berusia 33 tahun itu akhirnya bisa meraih medali emas.

Kesuksesan Greysia Polii/Apriyani Rahayu pun melanjutkan tradisi emas Indonesia pada ajang Olimpiade. Kini, berkat medali emas yang dipersembahkan oleh Greysia/Apriyani, Indonesia telah mengoleksi total empat medali pada Olimpiade Tokyo 2020 yaitu satu emas, satu perak, dan dua perunggu

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: kompas.com

Tags

Terkini

X