Menang, Greysia/Apriyani Jadi Satu-satunya Peraih Emas di Cabor Bulu Tangkis

- Senin, 2 Agustus 2021 | 13:46 WIB
(NOC Indonesia)
(NOC Indonesia)

HALUANRIAU.CO, TOKYO - Indonesia mendapat angin segar di ajang Olimpiade Tokyo 2020, setelah satu-satunya harapan di cabang olahraga bulu tangkis nomor ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih medali emas. Medali itu didapatkan setelah memenangkan final kontra wakil Cina Chen Qing Chen/Jia Yi Fan pada laga yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Senin (2/8/2021).

Kemenangan dua gim langsung dengan skor 21-19 dan 21-15 itu mengantarkan mereka sebagai ganda putri Indonesia pertama yang meraih emas Olimpiade.

Pada awal gim pertama pasangan Indonesia berhasil unggul cepat 4-1. Keunggulan tiga angka itu terjaga hingga skor 6-3.

Pengamatan yang cermat dari Greysia Polii sempat membuat mereka unggul 7-3, namun pasangan Cina berhasil langsung membalikkan kok dengan smash keras di depan net menyambar pengembalian Apriyani Rahayu yang tanggung.

Setelah jeda, pasangan Cina tampak mengubah taktik dengan melakukan penempatan bola ke sudut-sudut lapangan yang sulit dijangkau. Taktik tersebut cukup berhasil karena mereka meraih dua angka hingga menyamakan kedudukan 11-11.

Perolehan angka pasangan Cina terhenti setelah drive keras Jia menyangkut di net. Chen sempat mengembalikan kok dengan smash kerasnya yang membelah Greysia dan Apriyani. Gim pertama akhirnya ditutup dengan kemenangan ganda putri Indonesia 21-19 setelah reli panjang berakhir dengan sodoran Chen yang terlalu keras dan jatuh di belakang garis.

Pada gim kedua, ganda putri Indonesia juga langsung memimpin 3-1. Greysia dan Apriyani hanya memberikan satu angka kepada ganda putri Cina itu sebelum terus melesat hingga unggul 7-2.

Chen / Jia sempat mengejar ketertinggalan menjadi 6-8 akan tetapi mereka tak berdaya menahan perolehan angka ganda putri Indonesia yang akhirnya menutup interval gim kedua dengan skor 11-7.

Selepas turun minum, performa Chen / Jia tampak menurun. Mereka terus melakukan kesalahan sendiri sehingga menguntungkan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.

Ganda putri Indonesia berperingkat enam dunia itu hanya memberikan dua angka saja sebelum akhirnya melesat dan unggul 17-9. Perolehan angka Greysia / Apriyani sempat mandek di angka 19. Chen / Jia mencetak empat angka beruntun untuk meraih poin 14.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

X