Guinea Susul Korea Utara Mundur dari Olimpiade

- Kamis, 22 Juli 2021 | 15:27 WIB

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Guinea memastikan menarik atletnya di Olimpiade Tokyo 2020 dan menyatakan mundur dari keikutsertaan mereka diajang multi even terbesar di dunia ini yang akan berlangsung 23 Juli sampai 8 Agustus 2021.

Hal ini dilakukan pemerintahan Guninea karena ketakutan dan ingin keselematan atlet mereka dari terus mengganasnya COvid-19, termasuk di Jepang dengn sudah terkomfirmasinya beberapa orang atlet. Kekuatiran itu terutama dalam hal penularan varian delta.

Mundurnya Guninea ini diumumkan oleh Menteri Olahraga Guinea, Sanoussy Banama Sow dan ditujukan ke Presiden Komite Olimpiade dan Olahraga Nasional Guinea, Nabi Camara. Sesuai laporan AFP.

"Karena kebangkitan varian COVID-19, Pemerintah, yang peduli dengan menjaga kesehatan atlet Guinea, dengan menyesal telah memutuskan untuk membatalkan partisipasi Guinea di Olimpiade Tokyo 2020," tulis Sow.

Selain karena kekhawatiran varian delta virus corona, Guinea juga tak kekurangan dana untuk berangkat ke Tokyo. Mundur menjadi pilihannya.

Guinea sendiri rencananya mengirim lima atlet ke Jepang. Mereka adalah pegulat Fatoumata Yarie Camara, judoka Mamadou Samba Bah, perenang Fatoumata Lamarana Toure dan Mamadou Tahirou Bah, serta sprinter Aissata Deen Conte.

Guinea sendiri sudah tampil 11 kali di Olimpiade, sejak debutnya di Mexico City pada 1968. Mereka belum pernah meraih medali sama sekali.

Sebelumnya Korea Utara juga membatalkan keberangkatan kontingen Olimpiade mereka ke Tokyo dengan pertimbangan yang sama dengan Guinea, yakni keselamatan atlet.

Keputusan tersebut telah disepakati dalam pertemuan majelis umum Komite Olimpiade Korea Utara yang berlangsung di Pyongyang, pada 25 Maret lalu.

"Kami ingin melindungi atlet dari situasi krisis kesehatan global terkait virus corona seperti yang diusulkan panitia anggota," bunyi laporan DPRK Sports.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: detik.com

Tags

Terkini

Liga Champion Masih Minus Delapan Tim

Senin, 26 Juli 2021 | 15:29 WIB

Tiga Arjuna Indonesia Terhenti di 16 Besar

Senin, 26 Juli 2021 | 12:21 WIB

Indonesia Tambah Medali Melalui Eko Yuli Irawan

Senin, 26 Juli 2021 | 12:06 WIB

Indonesia Berpeluang Meraih Tambahan Medali

Minggu, 25 Juli 2021 | 10:31 WIB

Harry Kane Berlabuh ke Manchester City

Jumat, 23 Juli 2021 | 11:47 WIB
X