Dikritik Netizen, Menpora: Presiden AFF Minta Angkat Piala Bersama

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 17:46 WIB
Menpora Zainudin Amali (tengah) saat angkat trofi juara Piala AFF U16. (Andreas Fitri Atmoko)
Menpora Zainudin Amali (tengah) saat angkat trofi juara Piala AFF U16. (Andreas Fitri Atmoko)

HALUANRIAU.CO, TIMNAS INDONESIA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali ikut memberikan klarifikasi terkait kritikan netizen tentang dirinya bersama Ketum PSSI, Iwan Bule mengangkat trofi kemenangan Timnas U-16 di Piala AFF.

Moment tersebut terjadi saat Timnas U-16 menjadi juara Piala AFF U-16 usai mengalahkan Vietnam 1-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (13/8/2022).

Kemenangan itu pun sempat diwarnai angkat trofi yang dilakukan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali, serta kapten Iqbal Gwijangge.

Moment tersebut ternyata memancing kritik dari publik sepakbola Indonesia dan bahkan menuding dirinya bersama Ketum PSSI  mencari peluang untuk menaikan popularitas jelang kontestasi politik 2024 mendatang.

"Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Iwan Bule diduga melanggar kode etik perfederasian sepakbola karena terlibat langsung dalam pengangkatan thropy juara #AFFU-16. Keduanya diduga kuat mempunyai misi meningkatkan popularitas tapi urat malu putus," tulis @SiaranBolaLive dalam akun Twitternya.

Menanggapi hal tersebut, Zainudin Amali menjelaskan kondisi yang terjadi dilapangan.

Baca Juga: Gerak Jalan Santai Partai Demokrat, Ribuan Masyarakat Pelalawan Dukung AHY Jadi Presiden RI

"Saya itu awalnya diminta oleh master of ceremony (MC) untuk naik ke atas panggung bersama Presiden AFF, Sekjend AFF, Ketum PSSI dan Sekjend PSSI. Kami secara bergantian memberikan penghargaan dan mengalungkan medali, mulai dari wasit, pencetak gol terbanyak, penjaga gawang hingga pemain terbaik," kata Amali dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/8/2022).

"Saya mendapat giliran menyerahkan kepada pemain terbaik (M. Iqbal) dan mengalungkan medali bersama Ketum PSSI kepada juara I (Indonesia). Setelah selesai semuanya, tibalah saatnya penyerahan piala AFF U-16 oleh Presiden AFF kepada Captain Tim (M. Iqbal)," dia menjelaskan.

"Saat itulah Presiden AFF meminta saya bersama Ketum PSSI dan Sekjend AFF untuk memegang piala bersama-sama kemudian diangkat keatas bersama-sama."

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Detik Sport

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indragiri Hulu Targetkan Lima Besar di Porprov X

Jumat, 30 September 2022 | 15:00 WIB

Yusuf Prasetiyo Dipecat, Riswandi Jadi Caretaker

Minggu, 25 September 2022 | 18:41 WIB
X