THAILAND U-23 (0) VS (2) INDONESIA U-23 Misi Perdana Tuntas

- Rabu, 27 November 2019 | 09:45 WIB
01 FOTO HL
01 FOTO HL

PEKANBARU (HR)-Target untuk mengulang medali emas Sea Games cabang Sepakbola di Filipina, seperti yang diraih pada tahun 1991 lalu di tempat yang sama, sudah dituntaskan untuk langkah awal.

Laga grup B antara Thailand vs Indonesia di Stadion Rizal Memorium, Filipina, Selasa (26/11/2019), mampu dibungkus kemenangan oleh asuhan Indra Sjafri dengan mencukur tim Gajah Putih 2-0.

Dua Gol Indonesia masing masing diciptakan oleh Egy Maulana Vikri melalui gol cepatnya di menit ke 3 babak pertama. Sementara gol kedua diciptakan pemain pengganti, Osvaldo Haay di penghujung babak kedua (86').

Memanfaatkan kemelut di depan gawang Thailand, Egy berhasil menyerobot bola dan melesatkan bola ke gawang Thailand.

Skor 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia.
Timnas U-23 Thailand berupaya keras menyamakan kedudukan. Namun rapatnya pertahanan Indonesia membuat gawang Indonesia masih aman, hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 tak berubah untuk Indonesia.
Menjalani laga babak kedua, Thailand terus melakukan tekanan ke pretahanan Garuda. Hampir seluruh pertandingan dimainkan di wilayah pertahanan Indonesia dan Asnawi cs hanya bisa sesekali melakukan serangan balik. Penampialan penjaga gawang daari Borneo FC, Nadeo Arga Winata juga mampu menjaga gwangnya daari kebobolan.

Asnawi Mangkualam, Bagas Adi Nugroho, Andy Setyo, dan Firza Andika, terus berjibaku menghalau setiap serangan Thailand yang dikoordinir senior mereka, Supachok.

Babak kedua berjalan sedikit membosankan. Indonesia hanya bertahan, namun Thailand pun bermain santai meskipun terus menekan, sehingga serangan serangan yang dilakukan selalu putus di kotak pinalti Indonesia.

Pergantian pemain dilakukan pelatih dari Sumatera Barat itu pada babak kedua. Egy ditarik sejak awal, begitu juga dengan Evan Dimas dan Rafli yang cedera dan digantikan Osvaldo Haay.

Menit ke 86, melalui sebuah serangan balik, Saddil Ramdani yang menyusur di sisi kanan pertahanan Thailand langsung memberikan umpan tarik matang kepada Osvaldo Haay yang berujung gol. Hingga menit 95, Thailand tak juga mampu membalas gol, sampai akhirnya pluit panjang wasit ditiupkan.

Dari kemenangan ini, Indonesia sementara ini berada di urutan kedua klasemen sementara grup B Sea Games cabang sepakbola. Indonesia dan Vietnam sebenarnya memiliki poin yang sama yakni 3 poin namun anak asuh Park Hang-seo itu unggul selisih gol.

Hal tersebut karena Timnas U-22 Vietnam menang besar dengan setengah lusin gol atas Timnas U-22 Brunei Darussalam.(eka, bbs)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X