14 Pengawas Pertandingan PSSI Ikuti Penyetaraan di Pekanbaru

- Rabu, 3 November 2021 | 15:16 WIB
Foto bersama peserta penyetaraan Pengawas Pertandingan Provinsi Riau dengan instruktur M Syarif. (hrc/eka)
Foto bersama peserta penyetaraan Pengawas Pertandingan Provinsi Riau dengan instruktur M Syarif. (hrc/eka)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kualitas sebuah pertandingan sepakbola, salah satu tanggungjawab dari seorang pengawas pertandingan. Untuk itu guna sebuah penyesuaian dari aturan baru PSSI dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Pengawas Pertandingan di Riau, Asprov PSSI Riau menggelar kursus penyetaraan Match Commisioner (pengawas pertandingan) yang digelar di Hotel Winstar, 3-5 November 2021.

Exco Bidang Kompetisi Asprov PSSI Riau, Rudi Sinaga mengungkapkan bahwa keberadaan Perangkat Pertandingan menjadi unsur utama dalam penyelenggaraan sebuah pertandingan resmi, maka dari itu perlu terus dilakukan pemantapan pengawas pertandingan.

"Saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa pertandingan bisa saja menjadi kacau jika perangkat pertandingan tidak menjalankan aturan dengan baik, terutama wasit yang mempimpin jalannya pertandingan. Maka itu peran dari seorang pengawas pertandingan juga menentukan berjalan lancarnya sebuah pertandingan, tegas Rudi.

Diakui Rudi yang langsung membuka penyetaraan, PSSI Riau saat ini fakum selama masa Pandemi, namun sudah ada disign kompetisi yang sudah disiapkan dan tentunya ilmu yang didapatkan dalam penyetaraan pengawas pertandingan akan bisa diaplikasikan pada laga laga yang akan digelar, termasuk liga 3 nasional tingkat daerah yang akan digelar.

Baca Juga: PSMS Medan Vs KS Tiga Naga, Pembuktian Titus Bonai

Sementara itu, instruktur penyetaraan M Syarif menyebutkan ada aturan aturan baru di sepakbola atau regulasi PSSI dan pengawas pertandingan harus tahu regulasi tersebut sehingga dapat diterapkan saat bertugas dalam pertandingan.

“Semoga selama 3 (tiga) hari pelatihan ini dengan materi di kegiatan yang diberikan, para peserta mampu memahami dan menerapkannya dalam bertugas nanti,” ujarnya.

“Perkembangan sepak bola itu sangat dinamis. Makanya seringlah update informasi untuk menambah pengetahuan dan wawasan,” ucapnya.

Baca Juga: Ansu Fati Pahlawan Barcelona Kalahkan Dynamo Kyiv di Liga Champions

Dia juga menambahkan era digitalisasi sekarang sangat diperlukan kemampuan teknolgi informasi (IT). Untuk para Match Commissioner mesti menguasainya sebab besar pengaruhnya dalam kelancaran saat penugasan.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rider Ducati, Pecco Bagnaia Kecelakaan

Rabu, 6 Juli 2022 | 10:31 WIB

Frank Kessie Resmi Diperkenalkan Barcelona

Senin, 4 Juli 2022 | 20:01 WIB

Potensi Ousmane Dembele ke Pangkuan Barcelona

Senin, 4 Juli 2022 | 12:42 WIB
X