Kinerja Wasit Kompetisi BRI Liga 1 dan 2 Diragukan, PSSI Turun Tangan

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:16 WIB
 Ketua Komite Wasit, Ahmad Riyadh (Foto:  Tangkapan Layar Instagram Story @PSSI)
Ketua Komite Wasit, Ahmad Riyadh (Foto: Tangkapan Layar Instagram Story @PSSI)

HALUANRIAU.CO, OLAHRAGA - Kinerja wasit dalam kompetisi BRI Liga 1 dan 2 tengah menjadi sorotan publik. Kabarnya, PSSI akan melakukan investigasi terhadap sejumlah wasit yang memimpin pertandingan tersebut.

Seiring dengan isi yang beredar, Ketua PSSI, Mochamad Iriawan akhirnya turun tangan. Ia menugaskan Ketua Komite Wasit, Ahmad Riyadh untuk meninjak lanjuti kesalahan yang ada.

Sementara itu, menurut Ahmad pihaknya tengah melakukan evaluasi. Ia menegaskan bila ditemukan kesalahan, sanksi akan segera dilayangkan.

“Jika ditemukan ada kesalahan, PSSI tentu akan memberikan sanksi sesuai dengan tingkat kesalahannya,’’ ujar Riyadh seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (20/10/ 2021).

Baca Juga: Dua dari Tiga Kasus Korupsi Mega Proyek di Kuansing Tuntas, Kajari: Semua Selesai Awal Tahun 2022

Dijelaskan Ahmad, kesalahan terbagi menjadi bebetapa kategori. Untuk sanksi berat berupa penurunan menjadi wasit dalam liga 2 ini. Bahkan bila kesalahannya fatal, sang wasit akan diberhentikan.

“Kesalahan fatal ini jika wasit mengubah hasil pertandingan. Misal seharusnya kedudukan 1-1, tetapi karena kesalahan wasit menjadi 2-1. PSSI ingin agar semua wasit yang bertugas di Liga 1 dan 2 lebih fokus sehingga tidak ada kesalahan elementer yang kemudian menjadi respons negatif dari klub, nitizen, sponsor, bahkan pemerintah,’’ tuturnya.

Meski demikian, Ahmad tetap memastikan sanksi yang dijatuhkan ini mengacu aturan dari FIFA, AFC, dan AFF.

“Kalau human error, itu bisa dibina. Kecuali jika ditemukan indikasi match fixing atau kesalahan fatal lainnya. Nanti tunggu saja investigasi yang kami lakukan," tutupnya. 

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lionel Messi Kembali Terima Ballon d'Or Ketujuh

Selasa, 30 November 2021 | 09:35 WIB
X